Rumah Bebas Rongsokan!

 

Bersihkan rumah dari barang menumpuk. Siapkan kardus atau kantung plastik besar saat menyortir. Tulis: "Buang" , "Perbaiki", "Lungsurkan"

Pakaian
Indikasi menyortir:
  • Ukuran. Balita cepat sekali tumbuh dan melewati satu ukuran ke ukuran lain yang lebih besar. Bila pakaiannya sudah tidak muat, berarti musti disingkirkan dari lemarinya. Baju layak pakai dimasukkan ke kardus "Dilungsurkan", yang sudah kumal dan butut masukkan ke "Dibuang".
  • Selera anak. Mungkin jaket kuning bergambar Twitty-nya masih muat, tetapi selera gadis cilik Anda sudah berubah kepada gambar princess yang serba pink, sehingga dia tidak berselera lagi pada si jaket kuning. Anda jangan ngotot, singkirkan ke kardus "Dilungsurkan".
  • Tingkat kerusakan. Sudah hapal, kan, anak-anak mudah sekali merusak pakaian, baik akibat noda makanan maupun sobek karena kecelakaan bermain. Kira-kira saja, apakah pakaian tersebut masih bisa diperbaiki -dijahit, diganti kancing/ritsleting-nya, dibersihkan khusus, ditutup nodanya pakai jahitan perca lucu- atau dilungsurkan/dibuang saja?
Mainan
Indikasi menyortir:
  • Tidak sesuai umur.  Di setiap umur, anak membutuhkan mainan yang berbeda, menyesuakan dengan kebutuhan perkembangannya. Jadi kalau anak Anda sudah 4 tahun, rasanya sih, dia tidak membutuhkan lagi mainan bebek-bebekkan plastik atau kerincingan dari masa bayi.  Simpan di kardus "Dilungsurkan"
  • Rusak. Ini penting: segera singkirkan mainan yang rusak atau pecah! Misalnya mobil-mobilan tanpa ban, krayon yang sudah menjadi patahan kecil, dough yang tinggal secuil, dan kepala boneka. Pecahan mainan yang tajam dapat melukai. Untuk anak usia 1-3 tahun, pecahan mainan berbahaya bila tertelan.  Ada baiknya menyortir mainan Anda lakukan lebih sering.
  • Tidak dimainkan lagi. Indikasi lainnya untuk menyortir mainan adalah bila mainan tersebut hampir setahun ini tidak lagi disentuh anak. Agar lebih yakin, ikut sertakan anak menyortir mainannya. Meski mungkin berat bagi Si Kecil berpisah dengan mainannya, ia harus rela. Untuk itu, katakan kepada anak, mainan yang sudah tidak dimainkan, akan sangat berguna dan dihargai oleh anak lain yang membutuhkan.
Buku
Indikasi menyortir:
  • Sudah tidak sesuai usia. Seperti mainan, buku anak juga harus mengikuti perkembangan usia,  minat, imajinasi, dan wawasan anak yang semakin berkembang. Misalnya, buku bayi dari bahan plastik dan kain, sudah nggak level untuk anak 3-4 tahun yang mulai tertarik buku cerita dengan tokoh karakter. Buku-buku yang sudah tidak up to date, disingkirkan saja dari rak buku anak yang sudah tumpah ruah itu.
  • Halamannya sudah rusak. Bagaimana tidak rusak bila sudah dibolak-balik atau dibacakan beribu-ribu kali. Jika halaman buku masih komplit dan halaman lepas bisa dijilid ulang, masukkan buku ke dalam kotak "Diperbaiki". Tapi bila buku sudah kelewat morat-marit, lepaskan saja...
  • Tempatnya tidak ada. Bila buku-buku anak telah kehabisan tempat, Anda dapat mengajak anak menyortir buku-bnukunya dan bila ia tidak lagi ingin membacanya, masukan ke kotak "Dilungsurkan".  Bagaimana bila anak sama sekali tidak mau melepas koleksi bukunya yang memang ia rawat dengan baik? Segera buat atau beli rak buku baru!
Perlengkapan makan dan furniture
Indikasi menyortir:
  • Tidak dipakai lagi, karena anak sudah beranjak besar.  Misalnya,  dia tidak lagi membutuhkan teether, botol susu, atau sippy cup.
  • Produk re-call atau ditarik kembali dari pasaran oleh produsennya karena kesalahan produksi,  misalnya stroller. Anda tidak mau mengambil risiko membahayakan anak, kan?
  • Perlu ganti ukuran, misalnya high chair yang kesempitan, car seat kekecilan -tidak sesuai berat badan anak, tempat tidur boks yang tidak  bisa diubah lagi bentuknya. Lungsurkan!
  • Rusak, misalnya sofa mininya yang sudah kempis. Kalau tidak bisa diperbaiki, buang.
Ke mana dilungsurkan? Ke kerabat/teman yang membutuhkan, panti asuhan, rumah singgah, atau lembaga yang menyalurkan mainan dan buku sumbangan. Ajak anak saat Anda menyumbangkan barang-barangnya untuk tujuan sosial ini.

Menghasilkan uang! Bila barang-barang yang masih bagus kondisinya Anda jual di garage sale atau sewakan melalui perusahaan penyewaan barang anak. (me)




 



Artikel Rekomendasi