Rumah cepat bersih tanpa asisten

 

Lebaran ditinggal asisten rumah tangga mudik? Saatnya mengerjakan semua pekerjaan rumah sendiri. Tenang, ada trik cepat membersihkan rumah.
  • Sticky lint roller. Untuk membersihkan bulu-bulu binatang pada sofa dan untuk membersihkan serat halus pada pakaian terutama yang berwarna hitam atau gelap. Cara pakainya, Anda tinggal menempelkan sisi roller pada pakaian atau sofa, lalu dorong gagangnya hingga alat ini berputar sesuai arahan tangan dan secara otomatis bulu-bulu, debu, dan serat-serat halus akan terangkat oleh permukaannya yang lengket menyerupai double tape.
  • Kontainer penyimpan barang. Agar tidak berantakan dan terlihat oleh para tamu yang berkunjung ke rumah Anda, masukkan mainan anak, baju kotor yang belum sempat dicuci, baju yang belum diseterika, dan benda lainnya ke dalam kontainer penyimpanan barang. Pilih kontainer yang memiliki penutup agar barang-barang tidak berjatuhan keluar dari wadah. Masukkan benda sesuai penggolongan di setiap wadah agar memudahkan Anda saat mencarinya.
  • Pengharum ruangan. Untuk membuat seisi ruangan rumah lebih segar dan nyaman. Pilih pengharum ruangan yang aman bagi kesehatan. Di pasaran terdapat dua jenis zat pewangi, yakni yang berbahan dasar air dan berbahan dasar minyak. Berbahan dasar air  memiliki kestabilan aroma (wangi) yang bertahan sekitar 3-5 jam. Pewangi berbahan dasar minyak menggunakan  bahan pelarut atau cairan pembawa, diantaranya isoparafin, diethyl phtalate atau campurannya. Hindari pengharum yang  dilarang The International Fragrance Association (IFRA) di antaranya yang mengandung musk ambrette, geranyl nitrile dan 7-methyl coumarin. Sedangkan yang berbentuk gel hindari yang  mengandung zat pengawet  berbahaya  seperti formaldehyde dan methylchloroisothiozilinone.
  • Disposible Cleaning Wipes (lap sekali pakai). Untuk membersihkan tumpahan makanan anak yang berceceran di meja makan atau di lantai secara cepat. Dengan waktu dan tenaga yang terbatas, Anda tak perlu lagi untuk menggunakan cairan pembersih dan mengelapnya berulang kali. Pilih lap sekali pakai yang mengandung bahan anti bakterial untuk membersihkan permukaan kitchen set, permukaan kompor, gagang pintu, gagang telepon, remote TV, hingga peralatan mandi.
  • Kain Mikrofiber. Debu sangat ringan dan mudah beterbangan dari satu tempat ke tempat lain, sehingga menyapu atau menyedot saja tidak bisa membersihkan  ruangan. Anda butuh kain mikrofiber untuk membersihkan debu-debu yang sangat halus. Secara alami, kain mikrofiber memiliki daya listrik positif yang akan menarik daya negatif dari debu, kotoran, kutu, tungau dan bahkan membersihkan benda pada level mikro seperti bakteri. Dengan demikian, selain dapat menghemat tenaga dan waktu saat membersihkan rumah, penggunaan zat kimia pun dapat dikurangi atau  tidak diperlukan lagi. (me)

 



Artikel Rekomendasi

post4

4 Tipe Ayah

Gaya anak tidak akan jauh dari tipe dan gaya pengasuhan ayahnya.Anda tipe ayah yang seperti apa?... read more