Tawaran Kerja Ke Luar Negeri

 

Tawaran yang menggiurkan jadi ekspatriat –apalagi dengan jumlah gaji yang berlipat, suasana kerja¸fasilitas serta budaya dan kesempatan traveling. Tapi di balik keseruan itu, ada yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan bekerja di luar negeri.
  • Budaya dan bahasa. Sudahkah Anda dan suami mampu untuk berhadapan dengan budaya di negara tersebut? Bahasa pun harus dikuasai aktif, fasih dan piawai, karena bahasa adalah kunci untuk berkomunikasi.
  • Pekerjaan. Pastikan jenis pekerjaan sesuai dan job description yang jelas. Jangan hanya melihat negara tujuan saja.
  • Pendidikan formal dan pengalaman kerja sesuai kebutuhan market atau perusahaan yang dituju. Cek betul spesifikasi dan kualifikasi yang diharapkan –ada perusahaan yang tidak mau menerima karyawab asing yang memiliki kualifikasi sama atau kurang dari pekerja di negara sendiri. Semakin memiliki kualifikasi diri yang lebih, akan menjadi plus point  bagi Anda.
  • Konsultasi pada ahlinya mencakup rekan atau saudara yang sudah bekerja lama di negara tersebut, atau konsultan karier. Konsultasi pada pakar karier penting, apalagi bila Anda ingin menjadi permanent resident di negara tujuan.
  • Informasi tentang keadaan negara tujuan. Makin banyak Anda tahu atau bisa membayangkan lokasi, iklim, undang-undang setempat, ciri khas masyakaratnya dan sebagainya, akan makin memudahkan Anda untuk melakukan pertimbangan. Jangan lupa untuk menjadikan anak sebagai salah satu pertimbangan Anda.(me)
Baca juga:
Penampilan Sahabat Karier
Trik Jadi Bos & Ibu yang Baik
Mengenal Bahasa Tubuh



 



Artikel Rekomendasi