Terapi Jus: Diare, Batuk, Lelah dan Lesu

 

Jus buah pisang madu, asam jawa, dan  Shake Susu Lengkeng dapat digunakan untuk atasi diare, batuk, lelah dan lesu.

*Diare. Disebut diare apabila frekuensi buang air besar lebih empat kali sehari dengan bentuk feses cair. Selain harus banyak minum, konsumsilah makanan yang lunak sehingga mudah dicerna. Hindari sayuran karena serat bisa meningkatkan frekuensi diare. Buah-buahan juga sebaiknya dihindari kecuali pisang dan apel, karena keduanya mengandung kaolin, pektin, serta kalium yang berfungsi memadatkan tinja serta menyerap racun.
Jus Pisang Madu
Bahan:
100 gram pisang, kupas kulitnya.  
  75 cc susu segar.  
    1 sendok makan madu.  
100 gram es serut halus.  
Cara membuat: Campur semua bahan, lalu blender. Hidangkan segera.

*Batuk. Batuk biasanya merupakan gejala dari berbagai penyakit, seperti radang tenggorokan, bronkitis, dan asma. Buah untuk melawan batuk adalah belimbing, asam jawa, delima, jeruk nipis, pir, dan kesemek. Asam jawa mengandung provitamin A dan vitamin C, kalsium, fosfor, dan kalium, serta serat. Secara tradisional, asam jawa biasa digunakan untuk mengobati batuk dan menghilangkan dahak, serta memperlancar saluran pencernaan.
Jus Asam Jawa
Bahan:
  50 gram asam jawa tanpa biji.
    2 sendok makan gula merah.  
375 cc (1,5 gelas) air.  
Es batu secukupnya.
Cara membuat: Masukkan air dan asam ke dalam panci, panaskan sampai mendidih. Aduk-aduk, saring. Masukkan gula ke dalam air asam, didihkan lagi. Dinginkan dan hidangkan dengan es batu.

Jus ini boleh untuk ibu hamil, tapi sebaiknya tidak untuk balita karena rasanya asam.

*Lelah dan Lesu. Kelelahan akibat aktivitas fisik dan mental yang berat seringkali membuat seseorang sulit tidur dan merasa gelisah sepanjang hari. Selain harus istirahat, perlu juga dibarengi dengan memperbaiki pola makan dan olahraga. Dalam ilmu pengobatan Cina kuno, buah lengkeng sering diresepkan sebagai penangkal rasa lelah dan lesu, karena mengandung fruktosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartarik, dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lainnya yang berguna bagi kesehatan. Kombinasi dari zat-zat tersebut berkhasiat mengedurkan saraf.  
Shake Susu Lengkeng
Bahan:
175 gram daging buah lengkeng.  
    4 sendok makan susu segar atau susu tanpa lemak.
    2 sendok makan sirup.  
  65 gram es serut halus.  
Cara membuat: Rebus lengkeng selama 5 menit, tiriskan, dan dinginkan. Campur semua bahan, lalu blender. Nikmati selagi dingin.

Terapi Jus: Sakit Kepala, Nafsu Makan, dan Mata

 



Artikel Rekomendasi