Tips Belanja On-line

 

Dunia on-line kini bagian dari hidup Anda yang tak terpisahkan. Via on-line, Anda bisa  melakukan bermacam hal, salah satunya belanja.

Bisa jadi Anda mengganggap belanja via on-line lebih efisien waktu, dana dan tenaga. Anda tak perlu terjebak dalam kemacetan saat menuju pusat perbelanjaan, lelah menyetir, mengeluarkan ongkos untuk bensin dan parkir serta berlama-lama di mall karena tak bisa menahan godaan untuk melihat-lihat produk-produk keren di sana.

Dengan 'cuma' duduk di depan komputer, atau browsing dari smart phone, Anda bisa mendapatkan info aneka produk, dan menimbang untuk membeli barang-barang yang Anda butuhkan. Mudah dan cepat! Kenyamanan ini jangan sampai membuai Anda sehingga lupa keamanan. Berikut ini yang perlu Anda perhatikan agar aman belanja via on-line :
  1. Belanja hanya pada toko on-line dengan hosting atau nama domain yang jelas, mencantumkan alamat 'darat' dan nomor telepon yang sudah Anda cek kebenarannya.
  2. Periksa dengan teliti spesifikasi barang yang dijual. Lakukan korespondensi via email untuk meyakinkan kondisi produk.
  3. Baca dan cermati privasi atau aturan jual-beli toko on-line tersebut.
  4. Lebih baik lakukan pembayaran COD (cash on delivery) daripada transfer (bila toko on-line ada di kota yang sama dengan Anda).
  5. Pastikan barang dikirim bergaransi, artinya penjual harus bertanggungjawab barang sampai ke tangan pembeli.  
  6. Perhatikan betul biaya-biaya yang menyertai pembelian barang, misalnya ongkos kirim yang dikeluarkan (setiap kota biasanya berlaku ongkos kirim yang berbeda) atau pajak karena ini berkaitan dengan jumlah total yang harus dibayarkan.
  7. Bila membayar dengan kartu kredit, cek tagihan jangan sampai ada
  8. Simpanlah informasi pribadi, seperti password, bila Anda belanja di situs yang meminta pembelinya mendaftar terlebih dahulu.


 



Artikel Rekomendasi