Tips Melatih Kemandirian Anak

Tips Melatih Kemandirian Anak Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Dalam proses pembentukan kemandirian anak, dukungan orang tua sangat diperlukan. Inilah tips yang harus dilakukan orang tua dalam melatih kemandirian anak, antara lain:
  • Tidak meremehkan kemampuan anak, tetapi juga tidak memujinya berlebihan.
  • Dalam melatih anak dua tahun untuk mandiri, orang tua harus punya stok kesabaran ekstra. Karena, dengan kemampuannya yang amat terbatas, anak akan melakukan berbagai kekacauan. Misalnya, karena ia belum dapat membawa minuman atau makanan panas sendiri, maka wajar saja bila ia melakukan beberapa kesalahan atau kekeliruan.
  • Dalam proses menjadi mandiri, anak pun seringkali merasa kesal sendiri. Pertama, ia tak jarang gagal melakukan sesuatu untuk dirinya sendiri, padahal ia telah mencoba dengan cara yang persis seperti yang dilakukan ibunya. Ia makin sebal bila kegagalannya diberi komentar negatif oleh orang dewasa. Kedua , anak juga sering merasa kesal karena tidak diberi kesempatan untuk mencoba oleh orang-orang dewasa di sekitarnya. Seharusnya, bila memang anak keliru melakukan sesuatu, katakan saja langkah-langkah apa yang harus ia lakukan.



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Mengenal Neuroblastoma   16177   
>  2 Jenis Senyum Bayi   14348   
>  Balita Hobi Tampil   10218