Tips Memastikan Kesegaran Susu

 

Walau tadinya segar, susu bisa cepat basi dan tercemar bakteri jika kita salah dalam menyimpannya. Inilah tips agar susu tetap segar dan sehat dikonsumsi.
  • Simpan susu dalam wadah dengan outlet (mulut wadah) yang kecil, seperti botol atau kemasan kotak, untuk mengurangi kemungkinan terjadinya pencemaran bakteri.
  • Wadah penyimpanan harus tertutup rapat dan tidak bocor, agar bakteri perusak tidak dapat berkembang biak.
  • Jangan pegang mulut wadah saat mengambil dan mengembalikan wadah ke dalam kulkas, sebab tindakan Anda ini akan memperbesar kemungkinan tercemarnya wadah tersebut oleh bakteri. Cara terbaik untuk melakukan hal ini adalah dengan memegang bagian tengah wadah.
  • Ambil susu sesuai kebutuhan. Setelah itu, segera simpan sisa susu tersebut ke dalam kulkas dalam keadaan tertutup. Kalau dalam keadaan terbuka, bakteri dan jamur akan masuk ke dalam botol dan mengubah protein susu menjadi asam dan berbau. Susu segar dapat disimpan dalam kulkas selama 3-4 hari.
  • Kalau susu cair dalam kemasan (yang sudah mengalami proses pasteurisasi, yakni proses pemanasan hingga 80°C) jelas lebih tahan lama. Namun, kalau susu sudah berubah tekstur (warna, bau, dan cita rasa) sebaiknya dibuang saja. Sebaiknya susu dihabiskan dalam waktu 2 jam pada suhu kamar

 



Artikel Rekomendasi