Tips Membesarkan Anak Sulung

 

Ketika lahir sebetulnya anak telah membawa karakter dasarnya. Anak sulung, kemungkinan  sifat tanggung jawab itu akan lebih berkembang karena di keluarganya Si Sulung dituntut lebih bertanggung jawab. Bagaimana tips agar perkembangan psikologis Si Sulung sesuai dengan yang diharapkan? Inilah tipsnya 

Jangan mengharapkan kesempurnaan
. Si Sulung sudah cukup membebani diri dengan  keinginan  menjadi anak terbaik, karena itu jangan lagi mengharapkan  dia “lebih begini” “lebih begitu”.Anak Sulung membuat target bagi dirinya sendiri. Tugas orangtua adalah memastikan target tersebut realistis sehingga kelak dia tidak frustasi. Kalau perlu,  jelaskan harapan Anda pada Si Sulung. Biasanya dia akan berusaha mencapai lebih dari harapan Anda tersebut.

Jangan Berharap Terlalu Banyak. Banyak anak sulung mendapat tugas lebih banyak dari adik-adiknya. Jangan sampai ini terjadi. Bagilah tugas  dengan adil dan jangan berharap Si Sulung harus selalu “lebih”. Perhatikan kondisi mereka saat diberi tugas, misalnya, apakah cukup sehat? Jangan tugaskan Si Sulung menjaga adik, karena meski sulung, ia belum bisa diserahi tanggung jawab tersebut. Bila hal buruk menimpa adik, jelaskan pada Si Sulung hal itu bukan semata-mata akibat kesalahannya. 

Sediakan Waktu One-on-One. Anak sulung sangat senang meluangkan waktu bersama orang dewasa.  Jika orangtua terlalu disibuki adik, Si Sulung akan merasa tersisih. Untuk itu, sediakan waktu berdua dengannya. Lakukan kegiatan yang bisa Anda nikmati bersama.

Ajari Dia Sabar. Anak sulung cenderung bossy. Mereka  merasa bisa  berbuat lebih banyak daripada adiknya,  sehingga menganggap dirinya lebih baik. Terkadang Si Sulung frustasi karena adik tidak “sebaik dirinya”. Orangtua  harus mengingatkan bahwa adik masih kecil dan Si Sulung harus sabar.  Bantu Si Sulung mengatasi rasa frustasi menghadapi adik dengan  membantu adik, bukannya memerintah.
 
Fakta Si Sulung
  • 52% dari Presiden Amerika Serikat adalah anak sulung. Sedangkan dari 48% sisanya, kebanyakan mereka adalah anak sulung laki-laki.
  • 21  dari 23 astronot dunia yang telah menjelajah luar angkasa adalah anak sulung.
  • Tokoh ngetop yang anak sulung; Oprah Winfrey, Brad Pitt.

 



Artikel Rekomendasi