Tips Memilih Nama Anak

 

Nama yang sempurna adalah hadiah terindah untuk anak.  Karena memberikan nama sama halnya “meletakkan” doa atau harapan pada anak. Berikut ini langkah yang akan memudahkan Anda memilih nama anak:
  • Persiapkan nama anak kapan saja. Bahkan bila Anda atau pasangan Anda sudah punya impian nama sejak sebelum hamil atau celetukan nama saat masih pacaran, bisa Anda catat.
  • Boleh nyontek nama anak di kamus buku anak, kitab suci atau situs on-line.
  • Buat daftar nama anak di buku agenda atau note di ponsel dan tablet. Tujuannya agar Anda bisa melihat dengan mudah daftar nama anak pilihan. Beberapa hari sekali, eliminasi nama yang menurut Anda masuk dalam peringkat terbawah dari rasa suka Anda.
  • Diskusikan dengan pasangan. Meski sudah ada perjanjian sebelumnya, misalnya ayah berhak penuh untuk nama anak perempuan dan bunda berhak penuh untuk anak laki-laki. Bagaimanapun juga anak  adalah buah cinta Anda berdua, jadi Anda berdua memiliki hak yang sama untuk memberikannya nama.
  • Konsultasi dengan orang lain. Orangtua bisa menjadi pilihan pertama tempat berkonsultasi. Siapa tahu mereka punya informasi mengenai kekeliruan dari nama anak yang Anda pilih, misalnya nama yang diambil tidak sesuai dengan kultur Anda. Atau konsultasi dengan pemimpin agama, siapa tahu nama yang diambil dari kitab suci itu memiliki latar belakang yang kurang baik.
  • Tetapkan pilihan, jangan takut memberi nama anak. Yakinlah bahwa pilihan Anda adalah yang terbaik untuk anak. Nama anak adalah hak orangtua, meski orang lain boleh memberikan masukan. (me)
Baca juga:
Pertimbangkan ini Saat Memilih Nama Anak
Seni Memberi Nama Anak

 



Artikel Rekomendasi