Tips Menghadapi Klien

 

Ibu bekerja memang selalu memainkan peran ganda. Selain sebagai ibu, ia juga harus bisa berperan sebagai seorang profesional. Salah satunya adalah ketika menghadapi klien. Mau tidak mau, 'topeng' ibu yang Anda kenakan selama di rumah harus dilepas, dan diganti dengan 'topeng' profesional.

Gunakan waktu yang ada sesuai porsinya, agar dua kehidupan Anda itu berjalan dengan mulus dan lancar. Dan ketika Anda berhadapan dengan klien pekerjaan, Anda harus bisa mengatasi segala situasi yang berkembang. Itu sebabnya, persiapan perlu dilakukan, bahkan sebelum bertemu dengan klien. Ini tipsnya dari Ayahbunda.
  • Setiap klien itu penting. Sekecil apapun bisnis dengan klien, mereka punya peranan dalam usaha Anda, karena ini adalah kerjasama yang timbal balik.
  • Dengarkan apa kebutuhan klien. Dengan mendengarkan apa kebutuhan mereka, maka solusi untuk usaha mereka atau untuk kedua belah pihak dapat terwujud. Membantu klien mewujudkan tujuannya, akan membuat mereka puas dan menghargai usaha Anda. Bisnis Anda pun lancar!
  • Bersikap postif. Memang ada klien yang "sulit", namun Anda harus tetap memiliki sikap yang positif, tenang, dan sopan.
  • Kreatiflah! Cari informasi mengenai latar belakang klien. Rajin-rajinlah browsing tentang hal yang dituju klien. Dari sana, Anda bisa mendapatkan ide-ide segar untuk dipresentasikan ke klien.
  • Jadilah komunikator yang baik. Utarakan rencana kerja Anda dengan baik dan teratur. Gunakan humor untuk mencairkan situasi yang kaku atau tidak enak. Namun Anda harus memperhatikan bagaiman jenis klien yang Anda hadapi.
  • Ucapkan terima kasih ke klien. Terima kasih memang hal kecil, namun sangat berarti.

Selamat bekerja, Bunda!

Foto/DOk - Femina Group

 



Artikel Rekomendasi