Tips Wawancara Kerja Untuk Para Ibu

 

Ketika ibu melamar pekerjaan dan melakukan tes interview, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian. Terutama karena Anda akan berperan ganda, sebagai ibu dan juga sebagai pekerja. Berikut tipsnya ketika ibu ingin melakukan tes wawancara kerja:
  • Carilah informasi sebanyak mungkin seputar posisi yang diincar. Misalnya, persyaratan yang diminta dan hal-hal yang mungkin bisa menjadi kendala Anda dalam menjalani peran ganda sebagai ibu bekerja.
  • Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan tentang kiat atau cara Anda memadukan peran sebagai karyawan sekaligus ibu rumah tangga.
  • Bersikaplah terbuka tentang keadaan keluarga Anda dan anak. Sikap terbuka ini tidak berarti menutup kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan, tapi justru membuka kesempatan Anda memperoleh tempat kerja dengan kondisi dan suasana yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai ibu.
  • Bersikaplah yakin dan percaya pada kemampuan diri Anda. Tumbuhkan keyakinan tersebut pada diri Anda, sebelum Anda memenuhi panggilan untuk wawancara. Sebab, pada saat wawancara, Anda harus mampu meyakinkan pihak pewawancara, Anda mampu menduduki posisi yang tersedia. 
  • Pelajari dan pahamilah aturan dan disiplin yang berlaku di perusahaan tersebut. Apabila pihak pewawancara tidak menjelaskan, Anda dapat menanyakan agar memperoleh penjelasan yang lebih lengkap. Ini akan sangat membantu bagi Anda yang memiliki kebutuhan khusus sebagai seorang ibu. Misalnya, Anda masih dalam masa memberi ASI eksklusif kepada bayi Anda. 
  • Berpakaianlah pantas dan sopan, dan tunjukkan sikap sebagai seorang profesional.

Ketika seorang ibu, khususnya yang masih memiliki balita, mencari pekerjaan, penting untuk mencari tempat kerja yang nyaman dan mengerti peran Anda sebagai ibu. Dan hal itu bisa Anda cari tahu saat wawancara kerja.

Foto/Dok - Femina Group

 



Artikel Rekomendasi