Agar Terbiasa Berterima Kasih

 

Balita sebaiknya dibiasakan menghargai orang lain dengan mengucapkan "terima kasih". Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk melatih anak mengucapkan terima kasih.

  • Katakan yang Anda inginkan. Katakan pada anak Anda ingin ia mengucapkan terima kasih bila menerima bantuan atau sesuatu dari orang lain. Perkataan ini perlu Anda barengi dengan contoh. Anak lebih melihat contoh perilaku orang tuanya ketimbang mendengar petuah.
  • Sabar. Ingatkan kembali balita Anda setiap kali ia lupa mengucapkan terima kasih.
  • Memberi pujian. Bila secara spontan anak mengucapkan terima kasih, beri pujian. Kalau ia mengucapkan terima kasih pada Anda, jawablah dengan santun, "Terima kasih kembali".
  • Konsisten. Bila Anda kadang-kadang membolehkan anak untuk tidak mengucapkan terima kasih, anak memahami bahwa ucapan itu tidak terlalu penting. Konsistenlah mengajar anak mengucap terima kasih.
  • Tak perlu dihukum. Anak usia dua tahun sangat gemar membangkang. Ia senang menyangkal semua hal yang seharusnya ia lakukan. Misalnya, ketika ia menerima sesuatu dari Anda dan berkata, "Enggak terima kasih, Bunda," dengan maksud menggoda Anda. Jangan terpancing dan memarahinya. Jangan pula membiarkan kejadian ini berlalu tanpa koreksi. Hadapi dengan tenang, dan katakan, "Terima kasih kembali."

 



Artikel Rekomendasi