Cara Menyedawakan Bayi

 

Sendawa berguna untuk melancarkan pencernaan bayi agar tidak terjadi kolik, muntah atau ASI masuk paru-paru. Teknik menyendawakan yang tepat adalah:
  • Posisikan tubuh bayi secara vertikal, dengan dagu menyandarkan ke bahu ibu. Wajah bayi mengahdap ke belakang ibu. Sangga leher dan punggung bayi dengan tangan yang satunya sambil ditepuk-tepuk lembut.
  • Usahakan agar mulut dan hidup bayi tidak tertutup bahu ibu.
  • Perhatikan pula agar posisi tubuh bayi tidak bengkok, juga saat menepuk punggung jangan terlalu lemah. Saat menepuk-nepuk, kangan menepuk terlalu tinggi (bagian pundak) atau terlalu rendah yaitu di bagian bokong. Cara yang benar adalah menepuk-nepuk tubuh bagian tengah.
  • Cara lain, telungkupkan bayi di pangkuan Anda. Letakkan bagian perut bayi di pangkuan dan sangga bagian badannya. Usap lembut bagian punggungnya dan tunggu sampai ia besendawa.
Menyendawakan bayi bisa dilakukan sampai usia bayi 9 bulan, setelah itu, biasanya anak sudah bisa besendawa sendiri karena sudah banyak bergerak dan posisi badannya pun banyak berubah. Jika bayi tidur tengkurap, perut tertekan oleh berat badannya sehingga angina akan keluar dari perut melalu buang gas. (me)

 



Artikel Rekomendasi