Kenali Pengasuh yang Tidak Baik

 

Curiga dengan pengasuh yang tampaknya menunjukkan gelagat tidak baik? Coba cek apakah gelagat-gelagat tidak baik di sini ada di diri pengasuh Anda?

Menjadi kekhawatiran banyak bunda apakah pengasuh atau babysitter yang mereka pekerjakan bagus kualitasnya dan baik tingkah lakunya. Tidak mudah memang mengetahui apakah pengasuh benar-benar melakukan pekerjaannya dengan baik atau tidak, atau malah cenderung melakukan tindak kekerasan terhadap anak Anda.

Berikut beberapa kriteria pengasuh yang tidak baik:
  • Bayi Anda tidak merasa senang dan bahagia melihat pengasuhnya, bahkan cenderung cemas atau menangis. Tentunya antara pengasuh dengan bayi tetap harus ada keterikatan atau bonding.  Dan anak harus merasa nyaman dengan pengasuhnya.
  • Pengasuh tampak menyembunyikan atau merahasiakan bagaimana ia dan anak Anda menghabiskan waktu. Pengasuh harus bisa menceritakan semua kegiatan pada hari itu ketika Anda pergi.
  • Anak menjadi lebih sering mengalami 'kecelakaan'. Tugas seorang pengasuh adalah menjaga, mengawasi, dan merawat anak asuhnya. Waspadai adanya tindak kekerasan atau keteledoran jika anak sering mengalami 'kecelakaan'.
  • Apa yang Anda perintahkan, seringkali tidak dilakukan.
  • Pengasuh Anda sering telat atau lambat dalam bekerja. Jika pengasuh Anda seringkali terlihat kurang berkomitmen dalam bekerja, terlambat bangun, atau bahkan terlalu santai, mungkin perlu Anda tegur.
  • Anak seringkali tampak tidak terurus dan kotor. Pekerjaan dasar seorang pengasuh adalah mengurus, merawat, dan menjaga anak. Jika ia tidak bisa melakukannya, mungkin ia bukan orang yang tepat.
  • Berbohong. Jangan pernah menoleransi seseorang yang mencuri, berbohong, atau menipu Anda. Seorang pengasuh harus bisa dipercaya dalam melakukan pekerjaannya.

Adakah kriteria-kriteria di atas pada pengasuh Anda? Jika ya, perlu Anda tindak lanjuti. Jika sudah parah dan banyak kriteria yang masuk, mungkin Anda perlu mencari pengasuh baru yang lebih baik.

 



Artikel Rekomendasi