Makan Di Luar Saat Hamil

 

Makan di luar boleh-boleh saja, apalagi terkadang ibu hamil ngidam berbagai makanan yang banyak dijual di luar. Namun, Anda harus perhatikan beberapa hal berikut ini:
  • Jeli pilih restoran. Pilih yang suasananya nyaman, makanannya juga cocok untuk ibu hamil. Hidangan ikan laut dengan selada sayuran lebih cocok dibanding sushi yang terbatas pilihan hidangan lainnya.
  • Sampaikan pilihan Anda. Saat memesan hidangan, sampaikan pada pelayan restoran, bahan makanan apa yang diinginkan-misalnya lebih banyak sayuran-dan yang tidak diinginkan-misalnya udang. Juga, cara memasaknya, misalnya jangan setngah matang untuk steak, atau cara mengindangkannya seperti kuah atau susu/sambal dipisah.
  • Perhatikan porsi hidangan. Banyak restoran yang menghidangkan porsi besar untuk dikonsumsi beberapa orang. Tahan godaan untuk menghabiskannya, hanya karena Anda sudah membayar mahal, misalnya. Makan secukupnya, sisa hidangan bisa dibaw apulang dandimakan lagi untuk waktu makan selanjutnya. Bila memungkinkan, pesan ½ porsi, atu pilih menu anak (kids meal).
  • Utamakan sayuran berwarna terang, selada, sup atau sayur asem dari aneka warna sayuran, baik dijadikan kebiasaan makan hidangan pembuka. Sayuran berwarna terang brokoli, bayam merah, wortel dan lain-lain) kaya antioksidan.
  • Pilih-pilih sup. Bila tersedia sup kacang atau sayuran atau tomat dalam menu hidangan, pesanlah semangkok penuh. Namun, hindari cream soap yang terbuat dari mentega atau cream kental, kecuali terbuat dari susu atau yoghurt. Jangan ragu tanyakan pada pelayan restoran, bahan apa saja yang ada dalam satu hidangan.
  • Hidangan pokok yang sehat. Bahkan di restoran siap saji, tersedia pilihan makanan pokok yang sehat, sperti kentang panggan atau nasi merah dengan sayuran kukus daripada memilih kentang goreng.
  • Kenyang sebelum hidangan penutup. Usahakan tidak menyisakan ruangan di perut untuk hidangan penutup yang terlalu manis dan berlemak. Bila masih terasa lapar, pesan buah segar atau sorbet, atau frozen yoghurt dibanding cake atau pie.
Jangan Makan Berlebihan Saat Hamil!

 



Artikel Rekomendasi