Membiasakan Balita Makan Tepat Waktu

 

Sebaiknya orangtua mengajarkan balita makan pada waktunya, termasuk selingan, sehingga ia terbiasa makan teratur. Bisa dilakukan dengan membiasakan diri makan bersama di meja makan. Kegiatan ini juga mengajarkan balita makan makanan sehat dan meningkatkan interaksi antar anggota keluarga. Tipsnya:
  • Tunjukkan Anda biasa makan dengan baik. Jika ia menolak makan suatu jenis makanan, dengan menghidangkannya di meja makan dan menunjukkan betapa nikmatnya hidangan tersebut tanpa harus menyuruh balita mencobanya, dapat merangsang keingintahuannya.
  • Sedikit jual mahal. Pada masa balita, terutama usia 2-3 tahun, anak senang menunjukkan otonominya, sehingga segala yang dieprintahkan kepadanya akan dijawa dengan perkataan, “Tidak.” Perlihatkan respon netral atau bahkan sedikit jual mahal, balita tertantang dan merasa ia yang memutuskan sendiri (otonominya terpenuhi).
  • Menghormati rasa lapar dan kenyang anak. Jangan memaksa balita menghabiskan porsi makananya bila ia merasa kenyang. Untuk mengandalikan anak yang cenderung makan berlebihan, ajari dia untuk mulai makan dengan porsi kecil dan mengambil yang kedua hanya jika ia masih merasa lapar.
  • Cegah anak terbiasa makan dengan ‘tidak sadar.’ Makan sembari menonton televisi membuat anak tidak menyadari sinyal rasa  kenyang tubuhnya. Penting membiasakan anak makan di meja makan.





 



Artikel Rekomendasi