Memilih Dan Memakai Bra Saat Hamil

 

Selama 20 minggu pertama, Anda mungkin masih dapat memakai BH (breast holder) yang sudah dipakai sejak sebelum hamil. Namun, setelah usia kehamilan Anda lebih dari 20 minggu, mau tak mau Anda harus membeli BH baru untuk  menopang payudara Anda yang terus membesar dan semakin berat, terlebih lagi ketika menyusui kelak. Hal ini juga untuk menjaga bentuk payudara Anda agar tidak “turun”.  

Ada dua pilihan BH yang dapat Anda pakai selama masa kehamilan, yaitu BH khusus ibu hamil dan BH khusus ibu menyusui. BH untuk ibu menyusui dapat Anda pakai sejak hamil, terutama saat usia kehamilan Anda memasuki trimester 3.
  • BH ibu hamil. Pilih yang sebagian besar terbuat dari bahan yang lembut, cukup kuat dan menyerap keringat, misalnya dari katun dan kaus. Bagi Anda yang berpayudara besar, pilih yang memiliki tali bahu lebar sehingga dapat menahan berat payudara. Pastikan penyangga bra di bagian bawah cup terasa nyaman dipakai dan tidak terlalu ketat. Jenis yang tanpa kawat penyangga lebih disarankan untuk Anda karena berisiko lebih kecil mencederai jaringan payudara Anda yang menjadi lebih lunak selama masa kehamilan.
  • BH ibu menyusui. Pemilihannya sama dengan BH ibu hamil. Bedanya, BH jenis ini memiliki “jendela? atau bagian yang dapat dibuka saat Anda akan menyusui bayi kelak. Praktis, terutama saat Anda harus memakai BH siang dan malam untuk menghindari tetesan ASI “tumpah” selama seminggu pertama setelah persalinan.
Cermat memilih ukuran BH.
  • Tidak terlalu ketat dan tidak pula terlalu longgar. Pilih BH dengan ukuran 1 atau 2 kali lebih besar dari ukuran sebelum hamil.
  • Bila Anda ingin menggunakan BH sampai masa menyusui, pilih dengan ukuran lebih besar. Kelak selama proses menyusui, Anda mungkin harus mengganti dengan BH yang berukuran 1-2 kali lebih besar sesuai pertambahan ukuran payudara.
  • Untuk pilihan bukaan, tergantung selera dan kebutuhan Anda. BH dengan bukaan di depan lebih memudahkan saat menyusui, sedangkan BH dengan bukaan di belakang bisa menyangga payudara lebih baik.
  • Pakailah BH sepanjang hari. Cuci paling tidak satu hari setelah dipakai dengan sabun lembut (bukan deterjen).
Memilih dan Memakai Pakaian Dalam Selama Kehamilan

 



Artikel Rekomendasi