Pijat Kurangi Sakit Pinggang Ibu Hamil

 

Salah satu yang sering dialami ibu hamil saat memasuki trimester ketiga adalah rasa nyeri di pinggang. Meningkatnya hormon estrogen dan relaksin menjadi salah satu penyebabnya, sehingga  jaringan otot dan sendi-sendi di tubuh jadi melunak atau lentur. Coba pijatan ini untuk mengurangi sakitnya:
  • Lakukan gerakan memukul dengan menggunakan pangkal telapak tangan. Mulailah dari daerah sekitar tulang ekor (bagian bawah tulang belakang), kemudian bergerak ke bagian atas hingga sekitar leher.
  • Gunakan kedua jempol untuk melakukan gerakan menekan sambil memutar pada daerah sekitar tulang ekor. Lakukan gerakan ini hingga ke panggul kanan, panggul kiri serta daerah bokong. Untuk melemaskan otot-otot di bagian pinggang dan panggul, pijatan dilakukan dengan kelima jari tangan.
  • Letakkan kedua jempol tangan pada daerah sekitar tulang ekor, sementara jari-jari lain memegang kedua sisi panggul dengan erat. Tekan sambil gerakkan kedua ibu jari tersebut ke atas dan ke bawah secara berulang-ulang. Lakukan gerakan ini sepanjang sisi kanan dan kiri tulang belakang, hingga mencapai daerah pinggang.(me)
Baca juga:
Cara Lain Usir Sakit Pinggang Ibu Hamil

 



Artikel Rekomendasi