Rumah Aman Untuk Balita

Rumah Aman Untuk Balita  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Perabotan rumah yang tampaknya aman buat kita, belum tentu aman buat balita. Ini daftar hal yang perlu Anda perhatikan agar balita aman saat bereksplorasi.
  • Pagar pembatas (safaety gates). Bisa mencegah balita naik turun tangga. Pagar pembatas sebaiknya dipasang di lantai atas dan bawah. Demikian juga, jika Anda memiliki dapur yang menyatu dengan ruang makan tanpa pintu, pagar pembatas akan mencegah balita masuk ke dapur.
  • Penutup steker. Pasanglah steker berpenutup khusus pada peralatan elektronik di rumah, agar balita tidak mamasukkan jarinya ke dalam steker. Jika ingin menggunakan aliran listriknya tinggal mencabut penutupnya.
  • Pengaman siku-siku meja (soft corner protectors). Apakah meja Anda bersiku tajam dan berisiko melukai balita? jika ya, artinya Anda perlu alat ini untuk menutupnya. Alat ini terbuat dari palstik dan tumpul.   
  • Pengaman laci (finger guard). Ujung-ujung jari balita bisa terjepit pintu laci. Pasang alat ini untuk mencegahnya. Apalagi buka tutup laci bisa menjadi permainan yang menarik buat balita.
  • Gerendel penutup lemari (cabinet safety lock). Alat ini untuk mengunci gagang (handle) pintu lemari, agar tidak mudah dibuka tutup oleh balita. bis ajuga digunakan untuk lemari baju dan lemari penyimpan DVD/VCD player.
  • Penutup/gerendel lemari es (refrigerator latch). Amankan pintu lemari es agar balita tidak membuka tutup pintu lemari es. Apalagi, jika lemari es berukuran besar, sehingga dia dapat masuk ke dalamnya.
  • Pengaman dispenser. Alat ini berupa kran khusus yang memiliki knop kecil. Gunakan untuk kran yang mengeluarkan air panas.
  • Gerendel tutup WC (toilet latch). Produk ini untuk “mengunci” tutup WC. Rasa ingin tahu balita yang besar bisa mendorongnya melongokkan kepalanya dan bukan tak mungkin akan terjatuh di dalamnya.
  • Mat atau alas anti slip untuk mencegah balita terpeleset atau jatuh selagi mandi. Letakkan di lantai bathup atau di bawah lantai kamar mandi di mana shower atau bak mandi berada. Atau Anda bisa menutup seluruh lantai kamar mandi dengan alas yang bahannya terbuat dari karet yang tidak licin.
Baca:
Bermain Dengan Aman
Aman Main di Playground
Pilih Tempat Bermain Aman Bagi Bayi
Aman Berkendara Dengan Bayi






Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda