Siasat Seimbangkan Rumah Tangga dan Pekerjaan

 

Kadang ibu bekerja harus kerja lembur. Bagaimana agar lembur tidak mengganggu kedekatan Anda dengan bayi atau balita Anda?
 
Sekali-sekali lembur memang tidak akan menimbulkan masalah. Namun, bagaimana jika ibu harus sering lembur karena tuntutan pekerjaan? Ibu bekerja memang harus bisa mengelola waktunya setiap hari demi keseimbangan dunianya sebagai seorang profesional dan seorang ibu untuk kesuksesan dua dunia itu.

Jika lembur sudah semakin sering dan mengganggu kedekatan Anda dan bayi atau balita Anda, coba pertimbangkan beberapa hal ini:
 
Tinjau kembali prioritas. Jika lembur makin tak bisa Anda hindari, cobalah tinjau kembali prioritas hidup Anda. Ibu dituntut bijak menilai keinginan diri sendiri sejujur-jujurnya, dan mengambil semua risiko yang menyertainya. Jangan ragu untuk menolak pekerjaan tambahan yang menuntut Anda untuk lembur jika memang prioritas utama Anda adalah membina kelekatan dengan anak.
 
Manajemen waktu. Kemungkinan lain, tata ulang pembagian waktu Anda di tempat kerja. Sehingga, semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik, tanpa perlu lembur. Coba luangkan sedikit waktu untuk menilai dengan jujur:
  • Apakah pembagian waktu Anda sudah efisien dan efektif?
  • Apakah hasil penataan yang Anda lakukan sesuai harapan?
  • Jika tidak, mengapa hal itu dapat terjadi?
  • Berdasarkan evaluasi ini, tata ulang pemanfaatan waktu Anda.
 
Manajemen waktu bersifat sangat individual, tergantung situasi dan keinginan masing-masing individu. Selain itu, Anda juga dituntut konsisten dengan penataan waktu yang sudah Anda buat. Hindari penundaan. Penundaan bisa membuat Anda gagal mencapai ambisi sesuai kenyataan dan kemampuan Anda.

 



Artikel Rekomendasi