Tepat Memilih Video game

 

Video game tidak semua buruk. Jika dimainkan secara proporsional, video games bukan barang berbahaya.  Permainan ini malah memiliki sejumlah manfaat positif untuk mendukung proses tumbuh kembang anak - lihat boks. Yang berbahaya, banyak orangtua belum menyadari bahwa jika anak main games tanpa dikontrol,  mereka terancam kecanduan.

Cukup banyak games bagus, yang bisa mengajarkan anak cara menyelesaikan masalah, memiliki strategi dalam bertindak, merencanakan tindakan dan melatih koordinasi mata -tangan. Setelah tahu bagaimana melindungi anak dari ancaman kecanduan games, sekarang, yuk, pilih games yang tepat!
  • Pilih yang sesuai dengan kemampuan anak, tahapan perkembangan, dan memiliki tingkatan permainan sehingga anak menguasai permainan secara bertahap, dari mudah hingga sulit.
  • Cari yang memberi anak kesempatan untuk membuat keputusan dan mengekspresikan kesukaannya. Misalnya, anak bisa menentukan bentuk, warna, sampai pakaian yang dikenakan oleh karakter tokoh. Hal ini juga mengembangkan kemandirian dan kontrol diri.
  • Bisa dimainkan beberapa pemain sekaligus. Saat bermain bersama,  ciptakan interaksi, misalnya dengan menanyakan apa yang ia pelajari dari permainan dan bagaimana perasaannya ketika menang atau kalah.
  • Tidak menampilkan kekerasan, baik tindakan atau perkataan, tidak menampilkan stereotipe terhadap golongan tertentu, misalnya penjahat selalu orang kulit hitam, dan lain-lain. Coba dulu suatu permainan sebelum memberinya pada anak.  (me)
Baca juga:
Rambu-Rambu Bermain Video Games
Jangan Biarkan Balita Kecanduan Games


 



Artikel Rekomendasi