Tips Memasak Bersama Balita

 

Mengajak balita memasak bisa lebih mendekatkan hubungan antara ibu dan anak. Kegiatan memasak bahkan bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan dan membawa banyak dampak positif bagi balita. Tanpa disadari, balita bisa mempraktekkan berbagai kegiatan edukatif. Seperti, kemampuan berhitung, mengukur, memperkirakan waktu dan sebagainya. Balita pun akan sangat menyukai pekerjaannya di dapur. Meremas adonan, mengocok telur, atau mencetak kue.

Belajar mempersiapkan makanan, akan memberikan pengaruh yang besar terhadap pola pikir dan landasan berpikir anak terhadap banyak hal, sehingga akan lebih siap hidup mandiri saat dewasa kelak. Agar memasak bersama balita Anda menjadi acara yang menyenangkan, berikut tips untuk Anda:

  • Pilihlah hari libur untuk acara memasak bersama. Dan pastikan Anda, dalam keadaan mood yang baik, karena memasak bersama balita membutuhkan energi dan kesabaran yang ekstra. Jangan sampai Anda menjadi emosi gara-gara ulah balita.
  • Libatkan balita mulai dari menyiapkan bahan. Ajak dia ikut ke pasar atau supermarket untuk membeli bahan-bahannya. Biarkan dia memilih beberapa bahan kesukaannya untuk di masak bersama.
  • Masaklah menu yang sederhana dan gampang mengolahnya serta tidak membutuhkan terlalu banyak bahan. Agar balita mudah untuk ikut terlibat.
  • Usahakan memasak bersama menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi balita. Karena, mereka bisa tiba-tiba bosan di tengah proses memasak dan memilih pergi untuk bermain. Waktunya jangan terlalu lama dan bebaskan balita untuk beksplorasi sejauh aman untuk dilakukan.
  • Untuk acara memotong, berikan balita pisau dengan tingkat ketajaman yang rendah.
  • Gunakan acara memasak bersama untuk mengenalkan berbagai jenis bahan dan olahan makanan. Variasikan beberapa bahan makanan menjadi berbagai olahan, seperti direbus, digoreng atau dibakar. Agar anak tidak terbiasa dengan satu jenis olahan makanan hingga dewasa nanti.

 



Artikel Rekomendasi