Kiat Ibu Bekerja Menelepon Pengasuh

 

Peran ganda, itulah yang dilakukan oleh ibu bekerja. Selain memikirkan pekerjaan, ibu bekerja juga harus memikirkan kondisi anak di rumah. Menelepon pengasuh mungkin menjadi hal yang rutin dilakukan ibu di kantor. Ini tipsnya agar pengasuh bisa menjadi orang kepercayaan Anda.

Menelepon pengasuh memang seringkali menjadi salah satu cara bagi ibu bekerja untuk mengecek keadaan rumah dan bayi/balitanya. Namun tak jarang pengasuh berbohong, tidak mengatakan peristiwa lengkapnya, atau takut dimarahi karena kesalahan sepele. Ini tipsnya ketika Anda menelepon pengasuh Anda:
  • Ajukan pertanyaan terbuka, sehingga jawabannya tidak sekadar ya atau tidak.
  • Biarkan pengasuh menceritakan apa saja yang terjadi di rumah sampai selesai, jangan potong ceritanya.
  • Bila pengasuh melakukan kesalahan, jangan langsung menyalahkan. Beritahu dia yang seharusnya dia lakukan dengan bahasa yang jelas, tenang dan tidak menggurui. Dengan demikian pengasuh akan mengerti dan bisa belajar dari kesalahannya.
  • Hindari menelepon pada jam yang sama agar pengasuh memberikan jawaban secara spontan dan tidak dikarang-karang sebelumnya.

Jika Anda belum merasa yakin dengan pengasuh Anda, Anda bisa minta orang tua atau kerabat Anda yang lain untuk membantu menjaga bayi atau balita Anda di rumah. Hingga Anda yakin pengasuh Anda bisa diserahi tanggung jawab, Anda pun bisa tenang meninggalkan anak untuk bekerja.

 



Artikel Rekomendasi