Strategi Ibu Baru Supaya Bisa Me Time

 

 
Foto: envato


Setiba di rumah bersama bayi, kesibukan mengurus bayi bagai tak ada hentinya. Beruntung bila Anda sudah punya asisten rumah untuk urusan domestik. Tapi, banyak hal bisa menenggelamkan Bunda hingga Anda tidak punya waktu untuk diri sendiri. Bunda, me time itu perlu, lho. Ini bagian dari hidup sehat fisik dan mental yang penting diusahakan. Me time bukan hadiah untuk diri sendiri. Me time sama pentingnya dengan merawat diri lainnya. Me time tak perlu lama-lama,  dapat bunda lakukan dalam waktu kurang dari 30 menit. Saat itu Anda mengisi kembali 'cangkir' cinta Anda untuk bayi dan suami. 


Untuk bunda yang di masa pandemi ini tidak menggunakan jasa asisten rumah tangga atau pengasuh bayi, Anda akan berkejaran dengan kebutuhan bayi menyusu. Coba tip hemat waktu agar Anda bisa punya me time.

1. Rencana Semalam (Hemat 10 menit). Biasanya: Tiap pagi Anda selalu bertanya pada suami mau sarapan apa. Cara hemat: Rencanakan sejak semalam agar rutinitas pagi terprediksi. Malam hari sebelum tidur:  
  • Putuskan, kalau perlu catat, menu sarapan dan siapkan bahan-bahannya di dapur agar besok pagi Anda tinggal mengolahnya.
2. Pintar Belanja (Hemat 30 menit). Biasanya: Belanja dapur -sayuran, bumbu, daging, buah- dilakukan setiap hari saat terlintas ingin memasak. Padahal, bolak-balik ke supermarket atau pasar dekat rumah, bisa menyita waktu hingga 30 menit, terlebih jika lalu lintasnya sibuk. Cara hemat: Belanja seminggu sekali berdasarkan rencana menu mingguan.  Sesampai di rumah, cuci semua bahan dan masukkan dalam container berdasarkan hari. Repot di awal tetapi Anda menghemat waktu. 
  • Meski awet seminggu di dalam freezer, namun daging/ayam/ikan hanya boleh dikeluarkan dari freezer dan dilelehkan (defrost) satu kali saja. Karenanya, potong-potong ke dalam kelompok kecil untuk per sekali masak, agar Anda hanya cukup mengambil 1 kelompok saja jika ingin memasaknya.
  • Habiskan lebih dahulu buah yang masa segarnya lebih pendek. Misalnya, habiskan dulu anggur, baru apel. Atau, beli buah yang memiliki daya tahan lebih lama  seperti apel, pir, mangga, jeruk, avokad.
3. Aturan Mencuci (Hemat 5 menit). Hindari ini:  Mencuci pakaian sedikit-sedikit setiap bayi mengompol, bila Anda tidak menggunakan popok sekali pakai. Cara ini, meski sebentar-sebentar, bila ditotal cukup banyak jumlah waktunya. Anda yang perfeksionistis, mencuci manual lebih meyakinkan bersihnya. Kali ini turunkan sedikit standar Anda.  Cara hemat: Percayakan pada mesin cuci. Anda menghemat air, tenaga dan waktu. 
- Kumpulkan lebih dulu pakaian kotor bayi, rendam dengan air sabun. Setelah terkumpul, cuci dengan mesin.
- Saat mesin cuci bekerja, Anda bisa melakukan hal lain, seperti mandi tanpa terburu-buru. 
- Setrika baju hanya untuk yang perlu saja. Segera lipat dan simpan baju kering yang tidak butuh disetrika. 

4. Langsung Bersihkan (Hemat 5 menit). Biasanya: Piring dan gelas dicuci setelah menumpuk. Membereskan rumah ditunggu sampai rumah benar-benar berantakan. Ini bisa membuat bunda kelelahan secara mental karena melihat tumpukan. 
Cara hemat:
- Cuci perkakas segera setelah digunakan. 
- Bersihkan kompor setelah digunakan, jangan tunggu beberapa hari hingga lengket. Butuh waktu lama untuk menghilangkan sisa masakan yang telanjur menempel.
- Bersihkan kamar mandi sehabis mandi.
- Langsung lap bila ada cairan tumpah, dan bersihkan lantai segera bila ada makanan tercecer. Ini mengurangi waktu Anda untuk mengusir semut. 

5. Masak sesuai kebutuhan (Hemat 30 menit). Biasanya: Masak dalam jumlah besar membuat Anda sibuk menghangatkan sisa makanan. Padahal Anda hanya berdua suami di rumah.  Banyak jenis sayuran dan protein tidak boleh dipanasi berulang. Cara hemat:  Masak sesuai kebutuhan Anda berdua suami. 

  • Giling bumbu dasar dalam jumlah banyak. Simpan di wadah tertutup di kulkas dengan label. 
6. Membayar dari rumah (Hemat 30 menit). Biasanya: Anda pergi ATM untuk membayar rekening listrik, air dan TV kabel. Cara hemat: Ikuti layanan automatic bill banking atau internet banking agar semua pembayaran tinggal klik saja dari rumah.

7. Atur letak pakaian (Hemat 5 menit). Biasanya: Anda tidak pernah memikirkan letak pakaian di lemari. Asalkan terlipat rapi, sudah cukup. Tidak heran jika Anda dan suami sering sibuk mencari-cari pakaian yang terselip entah di mana. Cara hemat: Buat sistem penyimpanan; buat grup T-shirt, celana pendek, legging, pakaian dalam, dan seterusnya sehingga mempermudah Anda mencari pakaian.

8. Tepat simpan barang (Hemat 5 menit). Biasanya: Satu tempat untuk menyimpan semua barang. Akibatnya, barang yang dicari malah tidak terlihat karena tertimbun. Atau, jam tangan Anda ketumpahan minyak kayu putih karena ditaruh di tempat yang sama. Cara hemat: Sediakan beberapa wadah untuk meletakkan barang-barang. Selain mencegah agar suatu barang tidak terkontaminasi barang lain, cara ini juga mempermudah Anda saat mencari barang-barang tertentu. Caranya:
  • Kelompokkan barang-barang terlebih dahulu, misalnya barang keperluan mobil, keperluan bayi, kosmetik, aksesoris, kunci-kunci.
  • Gunakan rak, keranjang atau bag orginizer untuk meletakkan barang-barang yang sudah dikelompokkan. Gunakan warna berbeda untuk tiap kelompok, untuk lebih mempermudah Anda.
  • Simpan barang-barang yang selalu dibawa ke mana pun Anda pergi di dalam bag orginizer. Anda hanya butuh waktu membawa bag organizer saja, tanpa perlu mencari-cari lagi.
  • Gantung kunci kendaraan selalu di tempat yang sama, tidak berpindah tempat. 
Direvisi 10/02/22

Baca Juga
Me Time Cara Mudah Ibu untuk Jadi Bahagia
Ide Resolusi 2022: Hidup Sehat dengan Me Time



 

 



Artikel Rekomendasi

post4

10 Cara Ajak Balita Cinta Bumi!

Kita semua perlu peduli dan mencintai lingkungan, termasuk si balita juga bisa! Apalagi anak-anak adalah generasi penerus yang akan hidup lebih panjang menikmati bumi yang indah. Apa yang bisa Anda aj... read more