Sukses liburan!

 

Bukannya happy, berlibur dengan bayi atau balita justru bisa membuat pusing kalau tanpa persiapan matang. Sebelum pesan tiket, contek dulu tips traveling dengan bayi dan balita ini:

  • Siapkan stroller, untuk membawa anak selama berlibur. Beberapa brand ada yang menjual satu paket carseat + stroller frame. Stroller frame bisa mengubah carseat jadi stroller. Di airport stroller bisa dimasukkan ke bagasi dengan tas dan koper.
  • Jika ingin membawa bayi atau balita 2 tahun pergi dengan pesawat, Anda boleh memangkunya, jangan lupa melaporkannya saat memesan tiket. Beberapa penerbangan ada yang menerapkan aturan biaya pajak atau tiket walaupun tidak membayar penuh. Jika ingin nyaman, siapkan dana untuk membeli tiket untuk anak dan mendudukkannya di kursi sebelah anda yang dipasang carseat.
  • Pilih jam terbang sesuai jadwal tidur anak. Ini akan memudahkan anda, dibanding harus membawa bayi atau balita jalan-jalan sepanjang lorong kereta atau pesawat saat dia terjaga dan rewel karena bosan.
  • Susui saat take-off dan mendarat, ini mencegah anak rewel karena perubahan tekanan udara.
  • Bila perjalanan cukup jauh dengan pesawat atau kereta, sepakat untuk duduk berjauhan dengan pasangan. Dengan cara ini, Anda bisa bergantian untuk mengurus bayi dan istirahat.
  • Saat memilih hotel, pastikan hotel bisa menyediakan sarapan atau ada restoran yang menyediakan menu sarapan di dekat hotel. Sewalah kamar dengan ruang cukup luas, aman, tidak bising untuk ditinggali bersama anak.
  • Perjalanan yang panjang biasanya membuat bayi atau balita bosan. Siapkan sekantung goodie bag berisi snack, minuman favorit, buku mewarnai dan krayon, buku cerita, dan mainan favoritnya.

Baca juga:
Ajak bayi naik pesawat

 



Artikel Rekomendasi