10 Menit Bersama Matahari dan Bayang-bayang

 

Matahari adalah anugerah bagi kita, termasuk balita. Bagaimana, tidak?! Gunakan imajinasi dan kreativitas, sinar matahari pagi atau sore bisa jadi "teman" si balita.

Bagi si balita, efek bayangan akibat sorotan sinar matahari pagi dan sore sungguh menarik hati. Yuk, manfaatkan rasa penasarannya dengan berkreasi melalui beberapa permainan berikut ini:
  • Menggambar bayangan: Balita dapat berdiri membelakangi matahari pagi atau sore, lalu tempatkan sebuah kertas besar yang dapat menampung keseluruhan bayangan tubuh balita. Anda atau si kakak dapat menggambarkan bayangan menggunakan spidol, kalau sudah selesai maka balita punya teman “bayang-bayang” baru.
  • Petak lari bayangan: Manfaatkan sinar matahari pagi atau sore yang menyerong. Ada Anda dan si balita dapat bergantian menjadi pengejar bayangan dan yang dikejar. Petak lari ini berakhir apabila si penangkap berhasil menyentuh bayangan lawan yang senantiasa berlari.
  • Teater bayangan: Bentangkan kain putih menghadap sorotan matahari. Biarkan si balita dan penonton lainnya berada di sisi lain kain. Lalu mainkan sebuah lakon dari dongeng menggunakan boneka, buah-buahan dan mainan. Ya … anggap saja diri Anda menjadi dalang wayang kulit. 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Si Dua Tahun: Mengenal Warna

Cara belajar si dua tahun semakin matang. Tak hanya mengandalkan penyerapan inderawi, si dua tahun juga melibatkan proses mental. Termasuk dalam mengenal warna-warni.... read more