8 Aktivitas Penting Dicoba Anak

 

Beberapa aktivitas ini akan memberi anak  pengalaman berharga tentang hidup dan kehidupan. Ayo ajak anak mencobanya!
  1. Naik sepeda. Bersepeda adalah kegiatan yang menunjukkan tingkat kemampuan anak. Ia mulai dari sepeda roda empat yang ditarik Anda, lalu belajar bersepeda mengayuhnya sendiri. Saat ia mampu mengendarai sepeda roda dua, itu pertanda ia sudah memiliki  kebebasan menikmati lingkungan sekitar dengan teman seusia.
  2. Hujan-hujanan. Tumpahan air dari langit kerap mendorong anak ‘melepaskan’ diri  dari Anda,  berlari ke bawah hujan. Ia merasa ‘sukses’ ketika tubuhnya basah kuyup,  sementara Anda khawatir ia akan terkena batuk pilek setelahnya. Biarkan sesekali anak berhujan-hujanan, yang kelak akan menjadi kenangan manis, seperti kita memiliki kenangan tentang hujan.
  3. Berkemah. Tenda dari selimut yang diletakkan di atas dua kursi yang saling berjauhan saja, sudah cukup  membuat anak ketagihan,  ingin terus bermain berkemah.  Apalagi bila Anda mengajaknya berkemah di bumi perkemahan yang sesungguhnya. Baginya,  menginap di alam terbuka,  akan menjadi  pengalaman yang tak terlupakan dan tak habis diceritakan kepada teman-temannya.
  4. Menjadi anggota tim. Anak akan senang bila ia terdaftar sebagai anggota sebuah tim atau regu olahraga yang ia sukai, seperti sepakbola, futsal dan silat. Apalagi bila beberapa temannya juga bergabung di klub yang sama. Ia juga akan bangga memakai kaos bernomor punggung tertentu, bertuliskan namanya, plus nama tim di punggungnya!  
  5. Berjalan-jalan di desa. Bayangkan, betapa asyiknya anak main lumpur di sawah, meniti jembatan bambu yang melewati sungai kecil, mendaki bukit, memetik tomat, menyaksikan petani membajak sawah dengan kerbaunya, dan melihat peternakan hewan potong.  Maka, ajak anak menyaksikan kehidupan di desa, tempat banyak makanan berasal.
  6. Garage sale. Di hari minggu atau libur panjang minta anak mengumpulkan mainan dan baju yang sudah tidak ia pakai, dan ajak ia membuat garage sale di depan rumah.  Ceritakan pada anak, bagaimana cara menawarkan dan menjual barang-barang tersebut dan ajak anak berbagi hasil penjualann kepada teman-temannya yang kurang beruntung, misalnya anak-anak di panti asuhan atau rumah singgah.
  7. Bermain layang-layang. Bermain layang-layang adalah kegiatan menyenangkan yang dilakukan nak-anak hampir di berbagai benua, ketika udara hangat dan cerah. Anak tentu akan berjingkrak senang ketika berhasil membantu Anda menaikkan layang-layang, apalagi ketika berhasil memutuskan benang lawan!
  8. Main Bola. Menggiring dan menendang bola adalah aktivitas yang sangat disukai anak, hampir di seluruh dunia. Ia akan mendapat ‘bonus’ jika bisa menjebol gawang lawan dengan berjingkrak dan menceritakan kesuksesannya kepada Anda. Siapa tahu, anak bisa menjadi anggota tim sepak bola dunia seperti Barcelona! (me)
Baca juga:
Ajak Balita Bermain Di Luar
Agar Balita Aman Bermain Air
5 Ide Bermain Spontan

 



Artikel Rekomendasi