Gelitik Kaki Mungilnya

 

Di tiga bulan pertamanya, dunia sekeliling sangat menarik bagi bayi. Meskipun perkembangan penglihatannya berkembang bertahap hingga usia 2 bulan, namun demikian berbagai suara, wajah-wajah dan sentuhan sangat menarik perhatiannya.

Persiapan:
Anda hanya perlu menyiapkan alas tidur empuk yang mudah dibersihkan. Lalu baringkan bayi di atasnya. Pilih tempat yang mendukung permainan ini: jangan terlalu gelap, usahakan berpenerangan, bisa lampu atau cahaya alam.

Pikirkan lagu yang akan digunakan untuk mendukung permainan ini. Bisa berbahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Contoh lagu yang bisa digunakan “Itsy Bitsy Spider”. Anda juga bisa menciptakan lagu sendiri, misalnya dengan menceritakan seekor semut yang harus pergi ke sekolah (gerakkan dari telapak kaki ke lutut), lalu pulang lagi (dari lutut ke telapak kaki).

Pilih waktu yang pas, yaitu saat anak sedang tenang atau aktif, sudah kenyang tapi belum mengantuk. Durasi tak perlu lama, lebih kurang 5 – 7 menit. Semakin besar dan terlatih, Anda bisa memperpanjang durasi secara bertahap. Ketika fokus matanya mulai beralih dan ia mulai rewel, itu artinya bayi Anda sudah cukup stimulasi. Hentikan, biarkan ia beristirahat.

Cara bermain:
  1. Baringkan bayi dan tatap matanya. Ajak ia berbicara dan mulai bercerita tentang semut atau laba-laba yang suka merayap.   
  2. Nyanyikan lagu sambil mendemonstrasikan gerakan jemari Anda pada kaki bayi.
    Gerakan jemari seolah semut atau laba-laba yang merayap. Katakan juga secara demonstratif, gerakan ke atas-ke bawah, pulang-pergi, berhenti, jalan lagi dan seterusnya.

     
Permainan ini menstimulasi:
  • Kesadaran fisik (body awareness)
  • Pancaindera
  • Perkembangan bahasa
  • Kendali motorik
  • Interaksi sosial
     
Hati-hati: Gelitik telapak kaki bayi, tak perlu berlebihan. Bayi dapat merasa kurang nyaman, akhirnya enggan main lagi.
Foto/Dok.Ayahbunda

 



Artikel Rekomendasi

post4

Si Dua Tahun: Mengenal Warna

Cara belajar si dua tahun semakin matang. Tak hanya mengandalkan penyerapan inderawi, si dua tahun juga melibatkan proses mental. Termasuk dalam mengenal warna-warni.... read more

post4

Mainan Anak Berkebutuhan Khusus

Seperti anak normal, anak-anak berkebutuhan khusus suka hadiah mainan. Ayo beri mereka hadiah yang bisa menstimulasi otak dan membantunya mengeksplorasi sekeliling.... read more