Apa Itu Antonim/Sinonim?

Apa Itu Antonim/Sinonim?  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda

Usianya yang telah menginjak 5 tahun makin kritis saat dajak ngobrol. Tanya ini-itu dan kalimatnya pun berisi kata-kata yang sesuai konteks. Bahkan Anda kerap takjub bagaimana ia menyerap kata-kata baru dengan cepat dan langsung dipraktikkan.

Semakin fasih. Selain menggunungnya koleksi kata-kata, anak 5 tahun juga makin mengerti arti persamaan dan lawan kata. Ia lancar memakai kata 'kursi' sebagai pengganti kata 'bangku'. Atau kata 'pakaian' untuk baju, tanpa keraguan. Hal yang sama pada lawan kata. Jika Anda ajak main tebak-tebakan lawan kata, ia akan mudah menebak dengan cepat dan tepat.

Belajar lewat obrolan. Jika ingin kosa kata anak Anda makin kaya, rajinlah mengajaknya bercakap-cakap. Sisipi obrolan Anda dengan sederet kata-kata baru sambil menerangkan artinya.

Kapanpun Anda bisa mengajaknya main tebak kata. Ajak  balita mencari persamaan maupun lawan kata dari benda-benda sekeliling Anda berdua saat itu. Jika Anda tak tahu jawabannya, tak perlu ditutupi. Terus teranglah pada anak dan ajak  balita membuka kamus setiba di rumah nantinya.

Seiring berkembangnya kemampuan anak usia 5 tahun dalam mengungkapkan ide menggunakan kata-kata yang sesuai, menandakan perkembangan kognitifnya yang semakin baik. Kemampuan seseorang dalam bercakap-cakap dengan tata bahasa yang baik menunjukkan kemampuannya berpikir.




Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda