Di Balik Kado Natal

 

Saat Natal tiba, bertukar kado adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu. Bukan hanya bisa mendapatkan sesuatu yang baru, tetapi Anda dan anak pun dapat belajar untuk saling berbagi.

Jika selama ini anak hanya menerima kado, kali ini ajaklah ia ikut terlibat dalam keseluruhan prosesnya, mulai dari memilih, membungkus, hingga tentunya membuka kado. Dengan mengajaknya ikut memilih kado, Anda bisa mengajarinya bahwa kegiatan memberi hadiah adalah kegiatan yang menyenangkan.
 
Dengan kegiatan ini pula, anak akan mengerti tentang pentingnya perencanaan dan mau berbagi. Ketika memilih kado yang cocok untuk salah satu anggota keluarga, ia juga akan belajar mengasah rasa empati dan memahami perasaan orang lain. Kira-kira, hadiah apa ya yang cocok diberikan untuk nenek?

Jika tak ingin membuyarkan imajinasi anak tentang Sinterklas, katakan saja bahwa apa yang dikerjakannya saat itu adalah untuk membantu tugas Sinterklas menyebarkan kado.

Tips: Bukan hanya menyiapkan kado bagi anggota keluarga, ajak pula anak menyiapkan bingkisan bagi anak panti asuhan dan golongan tidak mampu. Ia pasti akan senang apabila bisa berbagi kasih dan kesenangan dengan anak jalanan yang sering ditemuinya dalam perjalanan ke sekolah.


 



Artikel Rekomendasi