Mengajak Balita Menabung di Bank

 

Ajak anak ke bank biar semangat menabung.

Bank adalah kantor tempat kita menyimpan atau mengambil uang. Di bank, balita bisa berkenalan dengan:
  • Satpam, kadang ada yang perempuan. Meski berbadan tegap, bapak berseragam ini ramah lho. Dia adalah orang pertama yang menyapa para nasabah yang datang. Selain menjaga keamanan, dia juga membantu mengarahkan kita ke customer service atau membantu mengambil kartu antrean untuk setor atau mengambil uang. Jangan lupa ajak balita mengucapkan terima kasih atas bantuannya.  
  • Customer Service yang bertugas melayani nasabah atau calon nasabah. Biasanya ada deretan meja dan kursi depan. Anda dan balita akan dilayani di sini untuk membuka tabungan. Daftarkan balita juga, sekarang anak-anak bisa punya tabungan sendiri.
  • Teller biasanya berada di balik meja yang tinggi hingga anak sulit melihat pekerjaan teller. Teller bertugas menerima uang yang ditabung atau memberikan uang yang ditarik dari tabungan, dengan mencatatnya di buku tabungan kita. Gendong balita biar bisa memberikan uangnya ke teller.
  • Mesin ATM yang memudahkan nasabah bertransaksi. Anak melihat, betapa mudahnya Anda mendapatkan uang hanya dengan memasukkan kartu lalu pencet-pencet tombol. Tapi jelaskan pada anak, ini bukan mesin uang, karena kita tidak mendapat uang bila jumlah uang di tabungan tidak mencukupi.  
Tatacara di bank
  • Beri salam. Karyawan dan karyawati bank biasanya selalu menyapa para nasabahnya. Ajak balita untuk membalas salam mereka.
  • Antre. Ini salah satu aturan dasar yang wajib dipatuhi nasabah. Sayangnya, mengantre sangat tidak menyenangkan bagi anak. Bosan dan capek! Coba, buatkan aktivitas menarik, misalnya ajak anak menghitung lampu, menghitung banyaknya orang yang sedang berbaris atau main gam suit tiga jari.  
  • Jangan ribut. Meski bicara tidak dilarang, tapi sssttt....  tak perlu teriak-teriak.
  • Sopan. Tidak berlari-larian, lompat-lompat atau mengganggu orang lain. Bila Anda tahu bank yang Anda datangi adalah bank yang cukup ramai dengan antrean yang lama dan panjang, jangan ajak balita. Ajak anak ke cabang lain yang sedikit pengunjungnya.
Balita Memiliki Tabungan Di Bank




 



Artikel Rekomendasi