Bagaimana Jika Imunisasi BCG Terlewat?

 

Tanya: Imunisasi BCG anak teman saya yang terlewat satu bulan. Apakah  imunisai BCG dapat dilakukan di bulan berikutnya, saat anak usia 3,5 bulan?   

Jawab: Anak teman Anda dapat diberikan imunisasi BCG di bulan berikutnya. Namun perlu diperhatikan, prinsip imunisasi adalah mencegah terjadinya penyakit sehingga sebaiknya diberikan sebelum anak tertular penyakit.

Jika di sekitar anak teman Anda ada orang dewasa, terutama serumah atau sering berhubungan dengan anak tersebut, yang memiliki gejala batuk lama, batuk darah, atau bahkan dikatakan sakit tuberkulosis (TB), maka pada anak itu sebaiknya dilakukan uji tuberkulin sebelum ia melakukan imunisasi BCG.

Uji tuberkulin ini perlu dilakukan untuk menilai apakah anak teman Anda sudah tertular atau belum dengan kuman TB. Jika hasilnya positif, tentu dia tidak perlu lagi dilakukan imunisasi BCG, dan dokter akan mengambil tindakan yang tepat untuknya.

dr. Wahyuni Indawati, SpA

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more