Balita muntah saat gosok gigi

 

Tanya: Mengapa anak saya (2,5) yang sedang belajar gosok gigi “hobi” muntah? Sikat gigi dengan olesan odol baru menyentuh bibirnya, dia langsung muntah.

Jawab: Muntah yang sering dialami anak Anda, kemungkinannya akibat sistem saraf penerima rangsang di daerah mulutnya sangat sensitif. Tepatnya, pada sensori prosesnya. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan untuk membantu menurunkan sensitivitas sensori proses balita adalah dengan mengajak dia untuk meningkatkan aktivitas di luar ruangan. Misalnya, bersepeda, berenang, atau bermain bola.

Kemungkinan lain penyebab anak Anda mudah muntah adalah terjadi proses yang disebut gastroesophageal reflux disease atau GERD, yaitu adanya gangguan pada pipa bundar otot kerongkongan dan perut sehingga menyebabkan arah aliran makanan dan asam lambung bergerak terbalik (refluks) menuju kerongkongan dan bahkan bisa sampai ke mulut. Untuk memastikan penyebab anak Anda sangat mudah dan sering muntah sehingga tidak juga bisa belajar gosok gigi sendiri, sebaiknya berkonsultasilah ke dokter anak.

dr. I.G.A.N. Partiwi, SpAK, MARS


 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more