Balita Terlambat Imunisasi DPT

 

Tanya: Anak saya berumur 20 bulan dan saya baru tahu bahwa umur tersebut seharusnya anak saya sudah diimunisasi Polio 5 dan DPT 4. Sedangkan imunisasi polio dan DPT anak saya baru tahap 3, Karena dokter anak saya mengatakan bahwa imunisasi polio-nya cukup sampai 3 saja.

Pertanyaan saya : Pentingkah imunisasi Polio dan DPT tersebut untuk dilengkapi? Bolehkah jika imunisasi tersebut hanya diberikan sampai tahap 3 saja ? Terlambatkah anak saya melengkapi imunisasinya? Apakah dampak dari pemberian Imunisasi Polio dan DPT yang terlambat?  
 
Jawab: Pemberian DPT 3 berarti ibu sudah menyelesaikan imunisasi dasar (DPT 1 hingga 3). DPT 4 dan Polio 5 termasuk vaksinasi booster yang berguna untuk memberi paparan tambahan antigen sehingga terbentuk antibodi dalam jumlah yang cukup untuk waktu yang lebih lama.

Jadwal imunisasi DPT 4, Polio 5 direkomendasi saat umur 18 bulan. Walau sekarang usia anak ibu 20 bulan, bisa diberikan DPT 4, Polio 5. Lebih baik terlambat dari pada tidak diberikan
 
 
dr.Linnie Pranadjaja, Sp.A, M.Kes (RS Mitra Keluarga Bekasi)  

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more