Balita Tertular Penyakit Kuku dan Mulut

 

Tanya: Apakah anak saya (4) tertular penyakit kuku dan mulut? Dia kesakitan saat menelan. Suhu badannya 37,5 - 38 ºC pada malam hari, lalu dua hari kemudian timbul bentol merah dan berair pada ibu jarinya.

Jawab: Sepertinya ia memang menderita Hand, foot and mouth disease (HFMD). Bermula dari bintik merah kecil yang membesar dan menjadi luka seperti sariawan yang umumnya berlokasi di lidah, gusi dan di bagian dalam pipi. Ruam atau bercak kemerahan yang tidak gatal akan berlangsung 1-2 hari. Ruam ini dapat rata atau berupa becak merah yang menimbul, kadang dengan sariawan. Lokasi umumnya di telapak tangan dan telapak kaki, dapat pula di bokong atau kelamin. Penyebab terbanyak HFMD adalah virus coxsackie A 16 dan enterovirus 71. Virus ini ditemukan di hidung, lendir tenggorokan, ludah, cairan dari ruam dan kotoran penderita yang terinfeksi. Virus ini terutama ditularkan melalui tangan yang kotor dan kontak dengan permukaan yang tercemar virus. Cara penanganan dan perawatannya tidak ada yang spesifik. Gejala demam ditangani dengan pemberian parasetamol, nyeri dikurangi dengan ibuprofen atau obat pereda rasa nyeri lainnya, dan nyeri mulut dapat dikurangi obat kumur. Konsumsi cairan harus cukup untuk mencegah dehidrasi.


 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more