Bayi Sering Cegukan, Ini Sebabnya

 


Bayi yang mendapat ASI ekslusif sering mengalami cegukan yang bisa berlangsung beberapa menit. Apa sebabnya dan bagaimana menghentikan cegukan itu?  


Cegukan terjadi karena ada rangsangan pada diafragma, yakni penyekat antara rongga perut dengan rongga dada. Ini akibat adanya udara dalam lambung. Sebetulnya hal ini biasanya dialami bayi yang minum susu dari botol karena ada udara yang ikut terhisap bayi. Pada bayi yang mendapatkan ASI eksklusif, biasanya jarang sekali terjadi cegukan. Karena seharusnya tidak ada udara yang masuk ke dalam lambung.

Penyebab lain cegukan adalah iritasi pada diafragma. Yaitu otot di bagian dasar paru atau penyekat antara rongga perut dan dada mengalami kekakuan atau kram. Akibatnya pita suara menutup rapat, menimbulkan reaksi 'hik" yang membuat bunda takut. 

Kalau anak yang mendapat ASI eksklusif cegukan, mungkin karena cara menyusui yang kurang benar. Misalnya, pada waktu menyusui, puting kurang masuk ke mulut bayi atau posisi bayi tidak berada dalam garis lurus dengan lengan bayi. Serta perut bayi tidak berhadapan dengan perut ibu sehingga ada udara yang masuk terisap.

Bisa dicegah dengan:
-
 Mengubah posisi menyusui. Tegakkan tubuh bunda, lalu tempelkan perut bayi pada perut bunda, sehingga posisi bayi  menyamping, lengan berada pada garis lurus. Dalam posisi ini, payudara bunda berada di dalam mulut bayi secara penuh sehingga tidak ada celah untuk masuk udara. 

- Sendawakan bayi beberapa kali selama menyusu. Termasuk, ketika Anda akan pindah payudara. 

Dapat dihentikan dengan cara menyusuinya. Kalau bayi sudah terlalu kenyang,  telungkupkan bayi dipangkuan Anda lalu mengelus punggungnya dari bokong ke arah kepala.


 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Siklus Tidur Bayi

Ternyata bayi tidak mengalami hal yang sama sejak mulai tidur sampai waktunya bangun. Karena dalam satu siklus tidur, bayi mengalami dua tahapan. ... read more