Tanya-Jawab: Balita 15 bulan telat bicara

 

Tanya: Sampai usia 15 bulan anak saya hanya mampu mengucapkan “aaa”, “uuuuu... uuuu.” Bila menginginkan sesuatu, ia hanya menunjuk benda yang ia mau. Mengapa ia terlambat bicara?

Jawab:
Pada usia 15 bulan, anak sudah dapat mengucapkan sekitar 10 kata tunggal dan mampu menirukan beberapa kata baru. Di usia 18 bulan amal telah memahami dan mampu menggunakan sekitar 50 kata. Ia juga dapat mengikuti instruksi sederhana seperti, “Ambil bola ini dan masukkan ke kotak mainan.” Jika sampai usia itu balita belum dapat memahami dan menggunakan kata, mungkin ia kurang mendapat stimulasi seperti jarang diajak bicara Dengan rangsangan mengulang itu, jadi rangsangan wicara itu memacu anak untuk mengenal kata-kata dan mengucapkannya dengan menirukan apa yang dia dengar dan dia ucapkan. Selain itu mungkin saja ada gangguan pendengaran (untuk ini konsultasikan ke dokter THT). Mungkin saja ada kotoran yang menyumbat telinganya. Jika sampai usia 2 tahun ia belum bisa bicara juga, Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk menjalani terapi wicara. Dampingi dia dan ajarkan mengucapkan kata-kata pada anak.

 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more