Tes Komrosom Untuk Down Syndrome

 

Tanya: Anak saya usia 3,5 tahun belum pernah dilakkan tes kromosom untuk down syndrome. Apa yang harus saya lakukan untuk perkembangannya?

Jawab: Down Syndrome (DS) merupakan kelainan genetik pada kromosom nomor 21, yaitu terdapat 23 kromosom, atau disebut trisomi 21. Tanda fisiknya berupa wajah mongoloid, hidung pesek, mulut terbuka, lidah menjulur, jarak pupil mata melebar, bentuk telinga yang tidak normal dan kelemahan otot. Secara umum, anak DS mempunyai keterlambatan dalam tumbuh kembang. Langkah-langkah yang sebaiknya Anda ambil adalah:
  1. Pemeriksaan kromosom apakah benar anak DS.
  2. Pemeriksaan kelainan penyerta DS, seperti kelainan jantung dan hipotiroid. Tumbuh kembangnya perlu pemantauan berkesinambungan dan jangan lupa data imunisasinya harus lengkap.
  3. Bergabung dengan komunitas orang tua penyandang DS sehingga dapat berbagi pengalaman dan penanganan  anak lebih terarah. Penangan DS memerlukan tindakan multidisiplin, di bidang medis perlu pemeriksaan pendengaran, penyakit jantung bawaan, penglihatan, nutrisi dan lainnya, penganganan pendidikan perlu ada intervesi ddini sheingga tidak begitu tertinggal dari anak-anak seumurnya, dan menentukan sekolah yang terbaik untuk program pendidikannya. Yang terpenting, peran orang tua sangat besar agar tumbuh kebang anak DS jadi optimal.
     

 



Artikel Rekomendasi

post4

Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh

Pertumbuhan gigi anak saya (1 tahun) lambat sekali, bahkan belum punya satu gigi pun. Adakah obat atau vitamin yang dapat mempercepat pertumbuhan gigi?... read more