10 Cara Agar Balita Cinta Buku

10 Cara Agar Balita Cinta Buku Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda

Walaupun balita belum dapat membaca, Anda dapat mengajarnya membaca dan mencintai buku. Kemampuan membaca dan mencintai buku penting ditanamkan pada anak-anak sejak usia dini. Karena, kegiatan membaca bersama anak, penting bagi pembentukan dasar diri balita, juga untuk keseluruhan proses belajar balita, kelak.

Berikut ini cara-cara mudah yang dapat Anda terapkan .
  • Memberi buku-buku cerita yang menarik. Pilihlah buku yang terbuat dari kertas karton tebal dan tahan air, sehingga tidak mudah rusak jika dibuka-buka maupun dimainkan. Cari buku-buku dengan gambar dan warna yang menarik serta sedikit tulisan.
  • Membuat perpustakaan mini. Buatlah perpustakaan mini dengan suasana yang nyaman. Sediakan karpet atau berbagai bantalan di dekat rak tempat balita menyimpan buku-bukunya. Rak buku mudah dijangkau oleh balita serta tidak membahayakannya.
  • Membacakan cerita secara berkala. Sediakan waktu secara berkala untuk membacakan cerita bagi balita, seperti sebelum tidur. Jika mungkin, buatlah alat peraga sederhana untuk menunjang cerita. Misalnya, boneka tangan yang dijadikan sebagai tokoh cerita.
  • Bermain tebak-tebakan cerita. Ketika membacakan sebuah cerita pada balita, berhentilah pada satu titik tertentu ketika cerita mengarah ke satu arah, lalu tanyakan apa yang terjadi dengan tokoh utama menurut balita. Dengan cara ini ia terbiasa mengarang sebuah cerita sendiri
  • Membacakan apa saja. Jangan hanya berhenti pada buku cerita. Bacakan apa saja yang dapat Anda baca dengan suara keras. Misalnya, resep makanan yang Anda buat, atau amplop surat yang Anda terima. Selain itu, tunjuk tulisan apa saja yang terpampang di jalan dan bacakan dengan keras.
  • Menciptakan suatu tokoh. Carilah serial cerita yang sangat disukai balita, buatlah tokoh tersebut sebagai tokoh panutan yang dikenal seluruh keluarga, sehingga akan sering disebut-sebut dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Dengan cara itu, secara tidak langsung, sang tokoh pun mengajarkan berbagai nilai pada balita.
  • Meminta balita membaca cerita. Sekali-sekali mintalah balita memilih buku cerita yang disukainya, lalu biarkan ia membacanya untuk Anda. Biarlah anak bercerita sesuai apa yang ingin diceritakannya dan jangan melontarkan kritik.
  • Membuat buku cerita bersama. Biasakan untuk menanyakan cerita dibalik setiap gambar yang dibuatnya, lalu menuliskan cerita tersebut di bawah gambarnya. Jadikan satu lembaran-lembaran gambar beserta ceritanya tersebut, lalu dijilid.
  • Mengajak bermain huruf dan angka. Berbagai mainan dapat merangsang balita untuk mengenal huruf dan angka. Ajaklah ia memainkannya. Misalnya, minta dia untuk mencari dua kartu dengan angka atau huruf yang sama bentuknya. Atau, pasanglah kertas bertuliskan nama-nama benda pada benda yang ada di sekitarnya. Permainan-permainan sederhana ini merupakan upaya awal balita untuk dapat belajar membaca.
  • Memperlihatkan asyiknya membaca. Biarkan balita melihat betapa asyiknya Anda membaca berbagai buku. Tunjukkan pada anak bahwa membaca sangat menyenangkan



Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  5 Tanda Autistik   89142   
>  Dana Pribadi Ibu Bekerja   30189   
>  Mengasuh Anak Autis   21523   
>  Kriteria Pengasuh yang Baik   18129