Ajarkan Balita Packing

 

Acara berkemas atau packing bisa jadi ajang pembelajaran buat anak dalam cara yang menyenangkan. Pekerjaan Anda pun jadi lebih ringan, kan?
  • Agar anak bersemangat, ayo belikan dia tas atau koper khusus untuknya. Saat hendak membeli, perhatikan beberapa hal berikut ini:Cari yang ukurannya tidak terlalu besar, ringan, berwarna cerah ataupun bergambar. Tidak ada salahnya jika memilih warna atau gambar yang dia sukai, seperti misalnya gambar tokoh kartun favoritnya.
  • Ajak si kecil untuk mengelompokkan barang-barangnya terlebih dulu sebelum memasukkan ke dalam koper. Pisahkan antara baju, celana, pakaian dalam, peralatan mandi, mainan hingga obat-obatan. Untuk peralatan mandi dan obat-obatan, ada baiknya ditempatkan di kantung plastik terpisah.
  • Lalu, ajarkan cara penempatan setiap barang di dalam koper. Misalnya, barang-barang seperti sepatu, peralatan mandi dan mainan lebih baik ditempatkan di bagian paling bawah koper. Setelah itu baru masukkan baju, celana dan pakaian dalam. Terakhir adalahobat-obatan.
  • Beri pujian, ciuman dan pelukan pada anak saat ia berhasil mengemas barang-barang bawaannya ke dalam tas atau koper.

 



Artikel Rekomendasi