Cara Melatih Balita Membaca

Cara Melatih Balita Membaca  Ayahbunda.co.id
Image by : Dokumentasi Ayahbunda
Kegiatan membaca buku tak selalu berjalan mulus. Rentang perhatian anak usia ini masih pendek. Kadang-kadang sebelum cerita berakhir, dia bosan dan mulai jungkir balik. Jaga emosi Anda, jangan gusar kemudian enggan bercerita lagi.

Lakukan kiat berikut:
  1. Sabar. Mungkin anak bosan dengan posisinya. Perhatikan, apakah dia bergerak untuk memeragakan adegan-adegan dalam cerita yang bisa menandakan ia antusias. Bila dia benar-benar bosan, ditandai dengan diam saja, hentikan cerita dan lakukan kegiatan lain.
  2. Bacakan lagi dengan cara lebih menarik. Anak-anak yang aktif selalu sibuk ketika Anda membacakannya buku atau bercerita. Ada anak yang suka melihat halaman-halaman buku, kemudian beralih ke kegiatan lain. Mungkin kemudian dia akan kembali minta dibacakan.  Bacakan lagi dengan cara yang lebih menarik.
  3. Hindari memaksa anak duduk diam sampai cerita berakhir. Sesekali anak ingin bergerak, biarkan saja. Sementara anak bergerak, Anda berhenti bercerita. Setelah anak kembali tenang, lanjutkan cerita. Bisa juga, biarkan anak mendengarkan Anda sambil bermain boneka sebagai bagian dari kegiatan membaca.  
  4. Jangan berasumsi anak suka ceritanya. Ada anak yang bisa tenang mendengarkan cerita sambil mewarnai gambar. Jangan anggap dia memerhatikan cerita, karena dia tidak melihat ke arah buku atau duduk di sebelah Anda untuk mendengarkan. Jangan lanjutkan membaca.  Anda harus mengondisikan anak untuk bersikap baik terhadap bacaan. Kalau anak tak berminat, hentikan dan ulangi lain kali.
  5. Sediakan kertas dan krayon sebelum membacakan cerita. Begitu anak bosan dengan bacaan, arahkan dia untuk mencoret-coret dan minta anak menceritakan coretannya.
Memupuk Keinginan Membaca
  • Bacakan buku apa saja yang diminta anak, meski itu buku yang sama setiap malam selama berminggu-minggu!  
  • Baca atau bercerita secara perlahan supaya anak paham isi cerita.  
  • Ekspresikan isi bacaan. Gunakan suara yang berbeda untuk setiap karakter, naikkan dan rendahkan suara sesuai konteks.
  • Gunakan boneka tangan atau boneka jari dan properti lain yang mendukung cerita. 
  • Dorong anak bertepuk tangan dan menyanyi saat Anda membacakan bagian cerita yang berisi lagu.  
  • Bahas bersama anak tentang ilustrasi buku cerita. Tunjuk gambar dan sebutkan namanya. Selanjutnya minta anak mengulang dan beri tepuk tangan bila dia bisa menceritakannya kembali dengan baik.  
  • Lontarkan pertanyaan terbuka, misalnya “Kenapa ya, singa kok sembunyi di balik pohon? Kalau dia nggak sembunyi, apa yang terjadi?” Pertanyaan terbuka  mendorong anak berpikir tentang isi cerita dan bertanya.
  • Ganti nama tokoh cerita dengan nama anak.  
Anak ingin terlibat dan terlihat pintar. Dorong dia memilih buku yang ingin dibacanya sendiri. Pertahankan minat anak terhadap buku dengan buku bergambar besar. Ajak membuat scrap book dilengkapi foto. Dorong anak membaca scrap book itu. (me)

Baca:
Mengajarkan Balita Membaca
Kreatif Ajarkan Balita Membaca




Komentar

200 karakter tersedia

** Dengan meng-klik tombol "kirim" berarti kami telah menyetujui Privacy Policy & Disclaimer kami.
 
Kirim ke Teman
Nama
Email

Pesan
200 karakter tersedia
* Jika Anda telah login, maka email akan terkirim dengan nama Anda

>  Seni Memberi Nama Anak   37838   
>  Buang Stres Saat Hamil!   24097   
>   Penularan AIDS Pada Bayi   20439   
>  2 Jenis Senyum Bayi   17395   
>  Balita Hobi Tampil   10990   

 
 border=
Susu Kehamilan
Apakah Anda mengonsumsi susu khusus ibu hamil, sebelum hamil?
Ya
Tidak