Ajak Anak Bermain di Pantai

 

Lautan dengan pantainya yang berpasir merupakan salah satu tempat eksplorasi favorit balita Anda. Ya, selain apa yang terlihat di permukaan air laut, fenomena alam khas pantai seperti matahari terbit dan tenggelam, serta ombak laut yang tak pernah berhenti berdebur, akan memperkaya wawasan anak. Juga, anak bisa menemukan aneka jenis harta karun di bawah pasir, seperti aneka kerang, ubur-ubur, dan rumput laut.

Selain itu, hamparan pasir di pantai sendiri, sudah menjadi sarana bermain yang sangat mengasyikkan bagi anak. Namun, tetap saja Anda harus waspada terhadap bahaya yang mengintai anak di pantai.

Yang dapat Anda lakukan:
  • Bila memungkinkan, pilih pantai yang bersih dan terpelihara.
  • Olesi kulitnya dengan krim tabir surya (sunscreen cream) yang khusus untuk kulit anak-anak sebelum balita bermain di pantai.
  • Mintalah balita memakai topi guna melindungi kepalanya, baik topi pet atau topi lebar khusus untuk di pantai. Bila perlu, berikan juga kaca mata khusus agar matanya tidak silau.
  • Awasi anak Anda selama dia bermain di pantai. Khususnya, bila suasana pantai cukup ramai oleh pengunjung yang lain.
  • Ingatkan selalu untuk tidak memakan atau memasukkan ke dalam mulutnya, apa pun yang dia temukan di pantai. Termasuk, melarang dia untuk makan pasir dan minum air laut
  • Jangan biarkan anak bermain air laut sendirian. Bila dia ingin bermain dengan ombak laut bersama Anda, kenakanlah jaket pelampungnya, sekali pun dia sudah bisa berenang.
Dengan persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari, maka setiap kegiatan eksplorasi yang dilakukan anak di mana pun, akan selalu mengasyikkan baginya. Anda pun akan merasa tenang, karena keamanan serta keselamatan anak selalu terjaga.

 



Artikel Rekomendasi