Balita Bermain Untuk Menggali Pengetahuan

 

Sambil bermain anak mengeksplorasi dunia sekeliling dengan caranya sendiri. Ketertarikan tersebut membuat balita Anda begitu riang dan asyik bermain.

Balita Anda meraih pasir di hadapannya ketika suatu kali berlibur di pantai. Ia merasakan bahwa tanah yang dirasakannya berbeda dengan yang di rumah. Ia heran, tanah yang di rumah tidak bisa digenggam seperti yang di pantai. Sebaiknya Anda menjelaskan beda tekstur pasir dan tanah di depan rumah mereka.

Memang, dunia sekitar adalah wilayah yang sangat luas untuk dieksplorasi balita Anda. Ada saja hal di sekeliling anak yang menarik minatnya lebih jauh. Ketertarikan balita inilah yang membuatnya begitu riang bermain-main dengan dunia ilmu pengetahuan. Apa yang perlu orang tua lakukan agar balita makin pandai lewat kegiatan bermainnya?

Penjelajah sejati. Bermain menyenangkan bagi anak. Salah satu permainan yang mengasyikkan anak adalah permainan berdasar ilmu pengetahuan atau science. Sambil bermain, balita juga mengeksplorasi dunia dengan caranya sendiri.

Coba perhatikan, bagaimana anak sangat tertarik mengamati ulat merayap di pohon, atau bagaimana ikan berenang di akuarium. Berbagai pertanyaan bermunculan dalam benaknya, dan ingin diketahui jawabannya.

Dr. Lucia French , pembantu professor di sekolah Warner, Amerika Serikat, menyatakan bahwa ilmu pengetahuan memenuhi keinginan setiap anak untuk mengerti dunia dengan cara menyelidikinya. Menurut French, anak-anak usia 3 dan 4 tahun adalah penjelajah sejati. Bila Anda amati, balita yang tengah duduk santai di sofa tiba-tiba memasukkan biji jeruk, dan kemudian berusaha mengeluarkannya kembali. Atau ia berdiri, dan mengukur tinggi badan temannya di balik punggung sofa.

Melalui permainan ilmu pengetahuan anak belajar mengelola pemikirannya dalam memecahkan masalah. French mengemukakan bahwa bila anak melihat atau menyentuh objek yang ia minati dengan bagian dari tangan atau matanya, maka ia siap melakukan eksplorasi berdasarkan informasi yang ia miliki.



 

 



Artikel Rekomendasi