Bermain Ayunan

 

Bermain ayunan mengasyikkan sekaligus melatih keseimbangan balita. Jangan bosan mengabulkan permintaan balita untuk mengayun-ayunkan. Sebenarnya, sembari mereguk kegembiraan, balita sedang meningkatkan kekuatan otot dan koordinasinya. Sepintas sepertinya ia tidak terlihat melakukan kegiatan fisik apa pun. Padahal ototnya bekerja menahan posisi tubuhnya ketika diayun-ayun.

Dukung berjalan. Kegiatan mengayun-ayun uuntuk melatih keseimbangan ini cocok untuk anak usia 1 tahun yang sedang belajar berjalan, kemampuan menyeimbangkan tubuh amat dibutuhkan ketika anak belajar berjalan. Pada mulanya ia akan jatuh bangun karena belum menguasi keseimbangan badannya. Main ayunan juga bisa menenangkan balita yang sedang aktif begerak. Tak jarang balita tertidur pulas di atas ayunan yang digerakkan pelan dan konstan. Namun, Anda harus memastikan sabuk pengaman terpasang agar balita tak terjatuh saat berayun-ayun.

Tepat memilih. Ada bermacam ayunan di pasaran. Ayunan yang tepat untuk anak usia balita adalah:
  • Tempat duduk cukup dalam sehingga balita masuk di dalamnya dengan nyaman.
  • Sisi penahan di kanan dan kiri cukup tinggi.
  • Memiliki sabuk pengaman agar balita tak terjatuh,
  • Mudah masuk dan keluar ayunan.
  • Cukup tinggi dari lantai sehingga balita tidak bisa memanjat naik ayunan sendirian.
  • Bisa menahan berat balita hingga batas maksimal.

Meski sudah mendapatkan ayunan yang tepat, Anda tetap perlu menjaga dan mengawasi. Anak usia ini belum sungguh-sungguh dapat menjaga keseimbangan tubuhnya, apalagi di atas benda yang bergerak.
 

 

 



Artikel Rekomendasi

post4

Si Dua Tahun: Mengenal Warna

Cara belajar si dua tahun semakin matang. Tak hanya mengandalkan penyerapan inderawi, si dua tahun juga melibatkan proses mental. Termasuk dalam mengenal warna-warni.... read more