Bermain Sarana Balita Belajar Pecahkan Masalah

 

Sambil bermain anak belajar mengatasi problem yang menghadang. Prosesnya spontan dan bebas! Simak caranya berikut ini

Bari senang bermain pura-pura. Dia gunakan apa saja untuk bermain. Misalnya, selimut untuk mendirikan tenda atau menunggangi sapu sebagai pengganti kuda. Bermain pura-pura memberi kesempatan pada Bari untuk berlatih memecahkan masalah.

Tanpa takut salah. Melalui bermain, secara spontan anak belajar cara-cara memecahkan masalah. Karena, ketika bermain anak bebas bereksperimen, mengimajinasikan berbagai perilaku alternatif yang dibutuhkan untuk mengatasi persoalan, tanpa takut salah atau dinilai salah oleh orang dewasa.

Bermain juga mendorong Anak bebas mengimajinasikan berbagai aksi berbeda berikut konsekuensinya, lalu memilih yang dirasanya tepat melalui simulasi.

Ketika menyiapkan alat-alat permainan, anak akan enjoy tanpa takut merasa salah. Jika gagal? Gampang saja, anak akan mencoba alternatif lain hingga ia mendapatkan cara paling tepat. Jika ditanya atau dikritik, paling-paling ia berkata dengan ringan dan tanpa beban, "Aku kan sedang main!"

Kemampuan anak mengobservasi lingkungan menjadi nilai tambah anak untuk meningkatkan kebisaannya menyelesaikan masalah. Di samping itu, anak pun mengetahui variasi permainan dan kesempatan seluas-luasnya untuk bermain.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Si Dua Tahun: Mengenal Warna

Cara belajar si dua tahun semakin matang. Tak hanya mengandalkan penyerapan inderawi, si dua tahun juga melibatkan proses mental. Termasuk dalam mengenal warna-warni.... read more