Bermain Serba Terbalik

 

Sesekali ajak anak melakukan hal di luar kebiasaan yang mereka lakukan. Selain mengasah kreativitasnya, permainan ini mengajarkan dia keteraturan, mengenalkan fungsi, dan yang pasti seru. Ini dia idenya:


  • Berpakaian terbalik. Coba kenakan kaus kaki di tangan atau di telinga menyerupai telinga kelinci, pakai topi atau baju terbalik, pasang kancing tidak berurutan. Dia akan belajar ada benda multifungsi, ada juga benda yang hanya bisa digunakan sesuai dengan fungsinya.
  • Tukar tempat. Coba bertukar nama, pakai name tag agar lebih mudah mengingat nama panggilan masing-masing di arena bermain, atau tukar tempat duduk Anda dengannya di meja makan. Dari permainan ini, daya ingatnya terlatih, dia juga akan belajar keteraturan. 
  • Pergi, pakai, siap! Tantang dia untuk berhitung mundur, mulai dari angka 10 sampai 1 atau mengurutkan puzzle abjad dari Z sampai A. Kalau berhasil, tandanya dia mengerti keteraturan.
  • Cerita sebelum tidur. Berceritalah dengan alur cerita terbalik, mulai dengan kata "akhirnya semua tersenyum" lalu akhiri dengan kalimat "pada suatu hari", atau sajikan gambar dan susun potongan gambar di akhir cerita sampai awal cerita. Sebelum melakukan permainan ini, pastikan dia sudah paham fungsi utama dari tiap benda.Selamat bermain.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Si Dua Tahun: Mengenal Warna

Cara belajar si dua tahun semakin matang. Tak hanya mengandalkan penyerapan inderawi, si dua tahun juga melibatkan proses mental. Termasuk dalam mengenal warna-warni.... read more