Gesit di Usia 22-23 Bulan

 

Jemarinya makin lincah saat memainkan permainan menjelang usianya 2 tahun. Dengan tangkas ia merangkai manik-manik atau menyusun balok. Ia juga makin gesit berlari, menuruni tangga, memanjat dan melompat. Baginya, keseimbangan badan sudah bukan masalah.

Melatih Motorik Halusnya.
Membelikan si dua tahun lilin mainan atau clay adalah keputusan yang tepat. Melatihnya memilin, menggulung, membulatkan dan meremas clay bisa meningkatkan kemampuan motorik halusnya. Selain melatih otot jarinya, dengan permainan ini juga bisa melatih otot pergelangan tangannya. Dengan mengajak balita bermain menyusun balok, selain melatih kemampuan motorik halusnya kita juga melatih daya kreativitasnya.

Berlatih Berpakaian Sendiri. Sejak usia 23 bulan, balita mulai tertarik untuk memakai dan melepas bajunya sendiri. Biarkan anak mencoba melakukannya walaupun memakan waktu yang lama. Perhatikan anak apakah dia mendapatkan kesulitan dan bersiaplah untuk membantunya.

Untuk memudahkan anak memakai dan melepas pakaiannya, pilih pakaian dengan kancing yang besar atau risleting. Kaos atau kemeja yang longgar juga bisa mempermudah balita kita melakukan latihannya. Selain itu balita kita juga senang memakai asesories untuk mempercantik penampilannya, seperti memakai topi, ataupun pita-pita lucu di rambutnya.

Berlatih Toilet Training. Apabila toilet training sudah pernah diperkenalkan sebelumnya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mendampingi anak belajar cara membuka celananya sendiri. Pakaikan celana yang gampang dilepas seperti celana berpinggang karet.

Tapi apabila balita kita belum sama sekali mengenal toilet training, maka kita bisa mengajarinya dengan memberinya contoh. Tunjukkan kepada balita bahwa ayah atau ibunya selalu pergi ke toilet ketika sedang ingin pipis atau buang air. Foto/Dok.Ayahbunda

 



Artikel Rekomendasi