Imajinasi Melesat Karena Bermain

 

Untuk memaksimalkan manfaat yang diperoleh anak melalui bermain, Anda sebaiknya ikut serta bermain dengan anak. Anda harus bersikap fun. Anda dapat membantunya dengan:

Menyediakan tempat bermain. Adanya tempat ini anak dengan mudah mengembangkan imajinasinya. Sediakan juga berbagai benda yang membantunya bermain pura-pura. Misalnya, berbagai baju lama yang dapat menunjangnya dalam bermain peran. Atau, berbagai benda yang aman dan dapat dimainkan. Misalnya, gelas-gelas plastik.

Memulai lebih dulu. Jika anak jarang atau belum mulai bermain pura-pura, mungkin ia menunggu Anda melakukannya terlebih dahulu. Misalnya, ketika anak sulit minum susu, Anda bisa berpura-pura memberi bonekanya susu sambil sedikit berakting. Atau, ketika balita ingin membangun rumah, Anda dapat menawarkan ide dengan membangun tenda dari selimut dan kursi. Setelah itu, biarkan ia mengembangkannya sendiri.

Merangsang ide. Berbagai buku cerita, film, serta gambar-gambar yang baik untuk anak-anak merupakan sumber ide yang tidak ada habis-habisnya. Karenanya, sering-seringlah membacakan berbagai cerita, atau mempertontonkan berbagai film untuk anak-anak. Biarkan mereka menjadi sutradara dari cerita yang mereka buat sendiri setelahnya, melalui permainan pura-pura

Membantu saat anak membutuhkan. Terkadang anak membutuhkan saat-saat ia bebas mengeksplorasi sendiri peran-perannya. Biarkan anak memainkan sendiri peran yang diinginkan tanpa campur tangan Anda. Awasi permainannya dan pastikan bahwa apa yang dilakukannya tidak berbahaya. Namun ada saat-saat ketika ia justru membutuhkan bantuan Anda. Mungkin untuk ikut dalam lakon yang disutradarainya. Ikuti saja apa yang diinginkan anak, dan jangan terlalu mengritik.

 



Artikel Rekomendasi