Kiat Aman Mainan Dari Logam

 

Mainan dari bahan logam dapat menjadi pilihan alat bermain anak. Perhatikan keamanan alat bermain ini saat membeli.
 
Logam salah satu bahan yang kerap digunakan untuk membuat mainan anak. Mulai dari mainan anak yang berukuran kecil hingga besar. Namun, mainan logam seperti apa yang sesuai untuk anak?

Bukan untuk batita. Umumnya, penggunaan logam sebagai bahan mainan anak divariasikan dengan bahan lain. Seperti mobil-mobilan yang dilapisi bahan plastik dan karet, mengingat bahan logam lebih keras. Namun, ada juga mainan terbuat dari logam yang tidak dilapisi bahan lain. Misalnya, mainan berupa perlengkapan dapur miniatur.

Selain itu, logam kerap juga menjadi bahan tambahan bagi mainan berbahan dasar lain. Misalnya, boneka berbulu yang menggunakan ikat pinggang atau kancing dengan bahan logam. Boneka semacam ini, atau pun mainan lain yang memiliki bagian kecil dengan bahan logam, sebaiknya tidak diperuntukkan anak usia dua tahun ke bawah seperti yang disarankan  American Academy of Pediatrics ( AAP). Karenanya, ketika membeli mainan berbahan logam untuk anak Anda, bacalah pada kemasan mainan itu, untuk usia berapa permainan tersebut ditujukan.

Mainan ukuran besar. Selain mainan berukuran kecil, logam juga kerap digunakan untuk mainan ukuran besar seperti ayunan atau panjat tangga. Jika Anda memutuskan membeli peralatan bermain yang terbuat dari logam ini, pastikan sambungan dilas rapi sehingga tidak ada bagian yang dapat melukai anak. Selain itu, logam di alat itu dicat atau digalvanisir (dilapisi seng). Pastikan juga ukuran mainan sesuai untuk anak.

Beberapa mainan untuk melengkapi permainan pura-pura ( pretend play ) pun ada yang berbahan logam. Misalnya, mobil-mobilan yang dapat dinaiki anak atau kereta dorong bayi. Apapun jenis mainan dari logam yang Anda beli, pastikan itu aman untuk anak.

 



Artikel Rekomendasi

post4

Si Dua Tahun: Mengenal Warna

Cara belajar si dua tahun semakin matang. Tak hanya mengandalkan penyerapan inderawi, si dua tahun juga melibatkan proses mental. Termasuk dalam mengenal warna-warni.... read more