Laptop Pertamaku

 

Anak-anak gemar meniru segala aktivitas orang dewasa, termasuk menggunakan perangkat audio visual seperti laptop dan komputer. Kini di pasaran tersedia produk laptop yang berisi program anak-anak. Dari program musik, pengenalan matematis, logika, musik dan bentuk. Para produsen mainan anak begitu jeli. Mereka tak hanya memproduksi mainan yang bentuk dan fungsinya benar-benar menghibur dan menyenangkan.
 
Tak sekadar mainan. Sebagaimana mainan lainnya, laptop mainan memiliki fungsi yang kurang lebih serupa dengan aslinya. Beberapa produsen memadukan kegiatan bermain sambil belajar plus beragam animasi dan lagu-lagu menarik. Versi laptop yang paling sederhana yang ada di pasaran biasanya diperuntukkan bagi si 3 – 5 tahun. Ada juga yang mencakup kebutuhan si 4 – 7 tahun, dengan “tugas-tugas” yang lebih mudah.  
 
Mirip yang sesungguhnya. Biasanya, laptop mainan mempunyai perangkat yang serupa dengan laptop sesungguhnya. Ada screen (layar) yang biasanya lebih kecil, keyboard, dan batere. Biasanya lagi pada keyboard, bukan hanya ada tombol alphabet dan angka. Juga ada tombol yang dapat memberikan pilihan program yang hendak dikerjakan. Biasanya, terdiri dari operasi matematika sederhana, menebak tempat yang benar, program musik, serta pengenalan bentuk geometri.

Aman untuk mata. Yang berbeda pada laptop mainan jelas terletak pada layar. Apabila biasanya alat yang sesungguhnya akan menampilkan halaman serta gambar-gambar secara utuh sesuai ukuran layar. Nah, laptop mainan biasanya memiliki layar yang kecil dan biasanya menampilkan gambar dan tulisan format dot matrix (terbentuk dari kumpulan titik-titik) yang latar belakang layarnya redup sehingga tak menyakitkan mata balita.  
 
Stimulasi sesuai perkembangan. Tak ada standar waktu yang tepat membelikan laptop untuk balita. Memberikan ketika balita terlalu muda tidaklah berbahaya, tetapi manfaatnya kurang maksimal. Apabila si 2 tahun Anda telah dapat berkegiatan dengan duduk tenang dan memiliki koordinasi motorik halus yang sudah demikian baik, tak ada salahnya mengenalkan laptop mainan secara dini. 

Awal logika matematika. Keuntungan dari mainan laptop ini, anak dikenalkan dengan konsep-konsep matematika dan logika dasar secara dini. Demikian pula dengan pengenalan alphabet dan angka. Demikian pula fonetik dasar dan kosa kata. Apabila si 3 – 4 tahun Anda sudah mampu menggunakannya sesuai fungsi dan sudah dapat mengendalikan gerak motorik, mainan semacam ini tentu memberikan banyak manfaat.
 
Yang penting fun. Selain memenuhi keingintahuan anak terhadap kerja berbagai benda di sekitarnya, laptop pertama balita juga menambah kemahiran anak memencet tombol kecil, tekun menyelesaikan soal dan menemukan kenikmatan dan fun dengan mainan yang ia miliki. Aspek fun dan belajar memang perpaduan yang menyatu dalam mainan ini. 
 
Di samping itu, Anda juga bisa mengajarkan tanggung jawab pada balita untuk memelihara dan menjaga mainan yang terbilang tidak murah ini. Yang paling ideal, orang tua mendampingi saat balita bermain dengan laptop pertamanya. Jelaskan dan beritahu cara memainkannya. Beritahu juga, apa saja yang harus dihindari agar laptop tidak rusak. 
 

 



Artikel Rekomendasi